6 Tips atur budget berlibur hemat ke Jogja, dari mulai transportasi sampai penginapan

Dengan mengatur budget saat berlibur, kamu tidak perlu khawatir liburanmu akan over budget. (Foto: Unsplash)

delta3.co.id – Semua orang tentu sudah kenal dengan kota Jogja. Salah satu kota wisata yang paling populer di Indonesia karena keindahan kotanya yang masih kental dengan suasana keraton.

Banyak destinasi wisata yang harus kamu kunjungi di Jogja. Mulai dari pantai hingga candi.

Nah, sebelum memulai trip liburanmu ke kota Jogja, simak beberapa tips mengatur budget berlibur hemat ke Jogja berikut ini.

Tentukan budget dan waktu liburan

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan sebelum berlibur adalah menentukan berapa lama waktu liburanmu dan memperkirakan berapa banyak biaya yang akan kamu habiskan. 

Tentu saja kedua hal ini sangat penting untuk kamu ketahui. Karena jika salah satunya meleset dari perkiraan awal, semua rencanamu bisa berantakan.

Tips mengatur budget liburan ke Jogja agar tidak over budget adalah dengan menyusun semua itinerary-mu dengan terperinci dan akurat.

Mulai dari biaya perjalanan, penginapan, makan, destinasi wisata, hingga oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang nanti.

Biaya perjalanan (Biaya transportasi)

Berlibur ke Jogja itu mudah dan murah. (Foto: Unsplash)

Jika kamu sudah menentukan berapa lama akan berlibur, mulailah untuk menghitung biaya perjalanan.

Biaya ini bisa terbagi lagi menjadi beberapa bagian, tergantung dengan transportasi apa kamu akan berlibur.

· Menggunakan kereta

Tiket kereta ke Jogja dari Jakarta bervariasi harganya, yang paling murah adalah kelas ekonomi dan yang paling mahal adalah kelas eksekutif.

Adapun harganya dimulai dari Rp74.000 hingga Rp495.000. Perlu kamu ingat, biaya ini adalah untuk satu kali perjalanan saja ya. Jadi, jangan lupa untuk alokasikan budgetmu untuk membeli tiket pulang juga.

· Menggunakan mobil

Jika kamu berlibur ke Jogja dengan menggunakan mobil, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kebugaran tubuh. Karena perjalanan dengan menggunakan mobil tentu akan lebih menguras banyak tenaga.

Baca Juga:  3 Langkah mudah hilangkan tekstur keras dan bau pada daging domba, praktis dan alami

Setelah itu, baru pastikan biaya untuk bensin, biaya tol, dan biaya tak terduga untuk service mobil jika mogok atau ada suatu masalah.

Biaya penginapan

Sebelum pergi ke Jogja, kamu bisa melakukan reservasi online untuk hotel atau guest house yang akan ditempati selama berlibur di Jogja.

Opsi ini penting untuk kamu pertimbangkan ya, tujuannya agar ketika kamu tiba di Jogja, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari penginapan yang cocok.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah; jarak penginapanmu dari destinasi wisata tujuan, keamanan dan juga kenyamanan penginapan selama waktu liburan di Jogja.

Pastikan semua informasi penting dari penginapanmu juga tercatat dengan baik ya, mulai dari alamat, nomor telepon hingga kontak darurat jika ada.

Biaya penginapan di Jogja bervariasi, kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tempat yang paling murah bisa kamu dapatkan dengan harga Rp43.000/1 malam.

Biaya transportasi populer di Jogja

Jika kamu memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata yang jauh dari pusat kota seperti ke pantai, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk menyewa kendaraan roda dua.

Selain lebih cepat dan mudah didapatkan, kamu bisa menyewanya dengan harga yang cukup murah.

Biaya sewa motor di Jogja bisa kamu dapatkan dari mulai Rp70.000/1 hari, sedangkan untuk mobil bisa kamu sewa dari mulai Rp160.000/1hari.

Pastikan STNK dan semua informasi kelengkapan seperti nomor telepon pemilik kendaraan sudah kamu catat ya!

Destinasi wisata

Banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Jogja, mulai dari wisata kota hingga pantai. (Foto: Unsplash)

Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Mulai dari pantai, gunung, museum, hutan hingga wisata kuliner. Besaran biayanya pun beragam, tergantung tujuan yang akan kamu kunjungi.

Baca Juga:  Mari Nikmati Keindahan Pasir Putih Pantai Repi Lembor Selatan, Labuan Bajo NTT

Hal yang harus kamu perhatikan ketika akan berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang populer di Jogja adalah biaya lain yang tidak termasuk pada tiket masuk.

Di antaranya seperti: biaya transportasi menuju tempat wisata atau biaya parkir kendaraan jika kamu memilih untuk menyewa kendaraan di Jogja.

Jangan lupa untuk menghitung biaya makan selama kamu berkunjung ke sebuah destinasi wisata di kota Jogja.

Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jogja adalah Malioboro. Jalan yang terletak di pusat kota ini banyak menarik minat wisatawan karena merupakan surga bagi mereka yang ingin berbelanja oleh-oleh atau barang kerajinan.

Asal kamu pintar menawar, harga barang-barang yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah.

Mengunjungi Malioboro tak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk apa pun, destinasi ini bisa kamu kunjungi jika ingin sekadar jalan-jalan sore atau malam hari untuk menikmati suasana teduh kota Jogja di penghujung hari.

Oleh-oleh

Dari sekian banyak pilihan oleh-oleh Jogja, kamu harus tetap merencanakan budget dan oleh-oleh apa saja yang akan kamu bawa pulang.

Beberapa oleh-oleh Jogja yang terkenal adalah; Bakpia, Geplak, Tiwul, Wedang uwuh hingga Keripik Belut.

Budget yang bisa kamu estimasi untuk oleh-oleh juga bervariasi, tergantung dari berapa banyak dan apa saja yang akan kamu bawa pulang.

Setelah mengetahui tips mengatur budget berlibur hemat ke Jogja, tentu kamu sekarang tidak akan kesulitan lagi dalam memperkirakan biaya apa saja yang harus kamu keluarkan selama berlibur di Jogja.

Selamat mencoba dan selamat berlibur!***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.