Sederet manfaat membaca Ayat Kursi setelah salat, saat dzikir pagi dan sore

Manfaat membaca Ayat Kursi (Freepik)

delta3.co.id – Ayat Kursi merupakan salah satu surat yang paling agung dalam Al Quran. Nabi Muhammad SAW membaca Ayat Kursi setelah selesai menunaikan ibadah salat lima waktu.

Sebab, Ayat Kursi memiliki manfaat dan fadilah yang tinggi ketika umat Muslim mengamalkannya seperti dilansir delta3.co.id dari Suara.com. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Surat Al Baqarah Ayat 255 (Ayat kursi)

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta’khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih, ya’lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min ‘ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si’a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal ‘aliyyul ‘azhiim”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (Makhluk Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca Juga:  Netizen kompak nyinyir pada pengacara baru Bhrada E: Sesama pengacara jangan menjatuhkan

Manfaat membaca Ayat Kursi

Setiap umat Islam senantiasa dipelihara dan dilindungi oleh Allah SWT. Hal tersebut sesuai dalam kandungan yang terdapat dalam Ayat Kursi.

Ayat Kursi merupakan ayat yang paling agung sebagaimana diriwayatkan dari Ubay bin Kaab, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Wahai Abu Mundzir, apakah engkau tahu ayat manakah dalam Al Quran yang paling agung? Aku menjawab “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahuinya,”

Rasulullah kembali bersabda, “Wahai Abu Mundzir, apakah engkau tahu ayat manakah dalam Al Quran yang paling agung?” Aku menjawab, “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya).”

Baca Juga:  Selalu meriah, ternyata ada makna tersembunyi dari setiap lomba yang hadir pada perayaan momen 17 Agustus

Lalu Rasulullah memukul dadaku dan bersabda, “Demi Allah, semoga ilmu ini menjadikan engkau senang dan bahagia wahai Abu Mundzir.”

Ayat Kursi yang terdapat dalam Surat Al Baqarah Ayat 255 dapat melindungi umat Muslim dari gangguan setan ketika diamalkan pada pagi dan sore hari.

Hal itu sesuai yang diriwayatkan Ubay bin Kaab tentang jin yang mencuri kurmanya. Ubay berkata:

“Apa yang dapat melindungi kami dari kalian (bangsa jin?” Jin tersebut berkata, “Bacalah Ayat Kursi dalam surah Al Baqarah yaitu: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.” Ubay berkata, “Ya.”

Jin tersebut berkata, “Jika engkau membacanya ketika pagi hari, maka engkau akan terlindung dari gangguan kami hingga sore hari. Dan jika engkau membacanya ketika sore hari (maka) engkau akan terlindung dari gangguan kami hingga pagi hari. Ubay berkata “Keesokan harinya aku mendatangi Rasulullah dan aku menceritakan kejadian tersebut.”

Maka Rasulullah bersabda, “Makhluk yang buruk itu telah berkata benar.” Itu lah manfaat dari membaca Ayat Kursi. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.