Alasan kenapa Mie Gacoan tidak bisa disertifikasi halal, berikut ulasannya

Mie gacoan tak bisa disertifikasi halal (Instagram @halalcorner)

delta3.co.id – Mie Gacoan merupakan makanan dengan dasar mie. Namun, meskipun mie halal dikonsumsi, tetapi makanan ini tidak bisa disertifikasi halal.

Karena dalam menu Mie Gacoan terdapat nama-nama yang diharamkan. Di antaranya ada nama mie iblis dan mie setan.

Selain menu mie pada Mie Gacoan, di dalam menu tersebut terdapat minuman yang juga mengandung nama setan, seperti es genderewo, es tuyul, es pocong, dan es sundel bolong.

Meskipun nama-nama yang ada di dalam menu tersebut sangat menarik bagi khalayak ramai, tetapi dari segi adab itu sangat tidak enak untuk didengar.

 

Dilansir dari Instagram halalcorner pada 22 Agustus 2022, ada surat dalam Al-Qur’an serta dalil yang menjadi sandaran mengenai hal tersebut.

“Dia mengahalalkan yang thayyibat untuk mereka, dan Dia mengharamkan al-Khabaits.” (QS. Al-A’raf: 157)

Baca Juga:  Saat Sule pedih dilupakan Adzam, Nathalie Holscher malah getol dekati adik Frans Faisal

Serta ada fatwa Islam yang berbunyi:

“Menyebut sesuatu yang Allah halalkan dengan menggunakan istilah sesuatu yang Allah benci, perbuatan semacam ini termasuk meremehkan aturan Allah dan tidak menggunakan hukum-hukumnya. Dan ini bertentangan dengan sikap taqwa kepada Allah.” (Fatwa Islam, no. 23475)

Selain itu untuk mendapatkan seritifasi halal terdapat regulasinya.

Dalam HAS23000 bahwa merek/nama produk tidak boleh menggunakan nama yang mengarah pada sesuatu yang diharamkan atau ibadah yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Juga di dalam SK46/Dir/LPPOM MUI/XII/14 menyatakan, dari segi penamaan, produk yang tidak data disertifikasi adalah nama produk yang menggunakan nama minuman keras, mengandung nama babi dan anjing serta turunannya, mengandung nama setan, yang mengarah pada hal-hal yang menimbulkan kekufuran dan kebatilan.

MUI juga menyatakan jika haram hukumnya memberi nama sebuh produk dengan nama neraka, setan, ataupun iblis.

Baca Juga:  Tingkah nakal Siti Badriah ke Krisjiana saat belum halal hingga berani lakukan hal mesra ini: Gue gatel banget

Terutama bagi nama produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik dan pakaian. Sebab itulah mie gacoan tidak bisa mendapatkan sertifikasi halal.

Selain dari segi bahan, adab untuk menggunakan nama-nama bagi makanan perlu diperhatikan.

Sebagai seorang muslim kita wajib menggunakan nama-nama baik bagi makanan yang hendak dikonsumsi. Terlebih pada penamaan produk yang dipasarkan. Sepatutnya memberikan nama-nama yang baik. Banyak netizen yang berkomentar mengenai hal tersebut.

“Semoga mie gacoan bisa bersetifikat halal sayang udah enak-enak. Nama-namanya di-upgrade dong masih banyak nama lain padahal yang lebih bagus,” ucap salah satu netizen yang menyayangkan.

“Sudah ada masukan nih, makanan dan minumannya enak-enak kok. Cuman tinggal ganti nama aja sih,” ungkap yang lainnya lagi.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.