Inilah 7 pahlawan yang ada pada pecahan uang kertas rupiah

7 pahlawan yang terdapat pada pecahan uang kertas rupiah (Pixabay)

delta3.co.id – Uang adalah alat pembayaran yang sah dan mudah digunakan di seluruh negeri. Adapun di kehidupan sehari-hari uang selalu menjadi prioritas guna menunjang kebutuhan.

Dalam rangka HUT RI ke-77 pemerintah bersama Bank Indonesia meluncurkan 7 pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022.

Uang tersebut digunakan sebagai alat pembayaran di wilayah Negara Kesaturan Republik Indonesia.

Terdapat 7 pahlawan yang menghiasi pecahan uang kertas tersebut. Ada pula gambar seorang penari, pemandangan dan bunga yang turut menghiasi mata uang kertas.

Berikut 7 pahwalan yang berada di bagian depan dan gambar tarian, pemandangan serta bunga di bagian belakang yang dilansir dari Instagram @sekertariat.kabinet pada 21 AGustus 2022:

Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta

2 Pahlawan yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta terletak pada uang dengan nominal Rp100.000. Pada bagian belakangnya terdapat Tari Topeng Betawi, pemandangan alam Raja Ampat, dan bunga Anggrek Bulan.

Baca Juga:  Nyesek banget, anak kecil ini rela banting tulang jualan roti demi mencari sesuap nasi

Ir. H Djuanda Kartawidjaja

Ir. H Djuanda Kartawidjaja menghiasi uang dengan nominal Rp50.000 di bagian depan. Di bagian belakangnya terdapat gambar Tari Legong, pemandangan alam Taman Nasional Komodo, dan bunga Jepun Bali.

 

Dr. G. S. S. J. Ratulangi

Ratulangi ini menghiasi bagian depan uang dengan nominal Rp20.000. Serta pada bagian belakangnya terdapat gambar Tari Gong, pemandangan alam Derawan, dan bunga Anggrek Hitam.

Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo ini menghiasi bagian depan uang dengan nominal Rp10.000. Bagian bekalangnya terdapat gambar Tari Pakarena, pemandangan alam Taman Nasional Wakatobi, dan bunga Cempaka Hutan Kasar.

Dr. KH Idham Chalid

Idham Chalid menghiasi bagian depan uang dengan nominal Rp5.000. Pada bagian belakangnya terdapat gambar Tari Gambyong, Gunung Bromo, dan bunga Sedap Malam.

Baca Juga:  Angga Wijaya diduga 'nyunat' uang acara pejabat ini dan lakukan sabotase, Dewi Perssik: Masih rejeki, walau..

 

Mohammad Hoesni Thamrin

Mohammad Hoesni Thamrin ini menghiasi bagian depan mata uang dengan nominal Rp2.000. Pada bagian belakang terdapat gambar Tari Piring, pemandangan alam Ngarai Sianok, dan bunga Jeumpa.

Tjut Meutia

Tjut Meutia menjadi pahlawan wanita yang mengiasi mata uang kertas dengan nominal Rp1.000. Pada bagian belakangnya terdapat gambar Tari Tifa, pemandangan alam Banda Neira, dan bunga Anggrek Larat.

Terdapat ciri-ciri yang bisa menunjukan keaslian mata uang kertas yaitu:

Pertama dengan dilihat

Pada mata uang untuk melihat keasliannya lihatlah pada gambar utama, nominal pecahan, benang pengaman, dan tinta berubah warna.

Kedua dengan diraba

Akan terasa kasar pada bagian tertentu dan kode tuna netra dapat terasa.

Ketiga dengan diterawang

Tanda air (watermark) dan electrotype dan gambar saling isi (rectoverso) pada uang rupiah bisa terlihat.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.