3 Keutamaan membaca shalawat Ibrahimiyah, kesalahan masa lalu akan dihapus

Bacaan dan keutamaan shalawat Ibrahimiyah (Freepik)

delta3.co.id – Allah SWT menganjurkan umat Muslim untuk membaca shalawat. Salah satunya shalawat Ibrahimiyah.

Shalawat merupakan bentuk pujian-pujian, kekaguman, dan sanjungan yang ditunjukkan untuk Nabi Muhammad SAW. 

Tujuan mengamalkan shalawat adalah untuk meminta kepada Allah SWT agar senantiasa memuliakan Nabi Muhammad SAW. 

Shalawat Ibrahimiyah

Shalawat Ibrahimiyah diucapkan pada setiap salat yakni saat duduk tasyahud. Syekh Yusuf bin Ismail An Nabhani mengatakan bahwa shalawat ini merupakan shalawat yang memiliki shighat paling sempurna dibandingkan shalawat yang lainnya.

Berikut adalah bacaan shalawat Ibrahimiyah.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.”

Baca Juga:  6 Ide lomba 17 Agustus seru dengan modal murah meriah, beberapa di antaranya legend banget!

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Keutamannya

Banyak keutamaan yang didapat ketika umat Muslim membaca shalawat Ibrahimiyah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Mendapat derajat tinggi

Seorang Muslim yang membaca shalawat Ibrahimiyah akan diangkat derajatnya sepuluh kali dan akan dihapus keburukannya oleh Allah.

Hal itu sesuai dengan hadist Rasulullah SAW “Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.” (HR An Nasa’I).

Baca Juga:  Maulid Nabi : Bertemu Nabi Muhammad ﷺ , Saudara Ummu Salamah masuk Islam

Mendapat syafaat dari Rasulullah

Dalam sebuah hadist mengatakan bahwa seorang Muslim yang konsisten mengamalkan shalawat Ibrahimiyah akan mendapat syafaat dari Rasul. 

Imam Ahmad As Shawi menyebutkan dalam suatu hadist, Rasulullah bersabda “Barangsiapa yang membaca shalawat ini (Ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaar baginya.”

Mendapat keutamaan dari Nabi

Nabi Muhammad SAW akan mengutamakan umat Muslim yang senantiasa bershalawat kepadanya di hari kiamat kelak.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda “Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat adalah mereka yang lebih banyak membaca shalawat kepadaku.”

Itu lah bacaan hingga keutamaan shalawat Ibrahimiyah. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.