4 Amalan setelah salat subuh, dzikir dan doa agar diberikan keberkahan

Amalan setelah salat subuh (Freepik)

delta3.co.id – Beberapa amalan setelah salat subuh di bawah ini bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Seperti diketahui, salat subuh adalah waktu yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim yang banyak melakukan amalan setelahnya. 

Oleh karena itu, usahakan lah agar tidak kembali tidur setelah salat subuh yang bisa menghambat rezeki.

Hal itu sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi, “Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya.” (HR Ibnu Abi Syaibah).

Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk senantiasa menunaikan amalan-amalan setelah salat subuh. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa bertasbih setelah selesai salat subuh sebanyak seratus kali dan membaca tahlil seratus kali, maka dosanya diampuni walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR Muslim).

Selain membaca tasbih dan tahlil, umat Muslim dianjurkan juga untuk melaksanakan amalan-amalan berikut ini setelah salat subuh seperti melansir Suara.com.

Amalan setelah salat subuh

Membaca Sayyidul Istighfar

Imam Nawawi dalam kitab Al Azkar menjelaskan, ada doa dan dzikir yang dianjurkan dibaca setelah salat subuh yakni Sayyidul Istigfhar. 

Dengan membaca Sayyidul Istigfar, umat Muslim akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut bacaan Sayyidul Istigfar.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Baca Juga:  Fakta Unik Boneka Barbie yang Jarang Diketahui Publik, Anda Sudah Tahu?

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu. A’udzu bika min syarri ma shana’tu. Abu’u laka bini’matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Doa minta keberkahan

Amalan selanjutnya adalah membaca doa meminta keberkahan sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

Allahumma innii asaluka ‘ilmaanaafi’aa. Wa rizqontoyyibaa wa amalammutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.” (HR Ahmad, Ibnu Majah).

Doa memohon rezeki yang halal

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Membaca dzikir

Amalan yang bisa dilakukan setelah salat subuh adalah membaca dzikir. Bacaan doa dzikir tersebut adalah sebagai berikut.

– سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيْمِ
Subhanallahil ‘azhimi wa bi hamdih (100 kali)
Artinya: “Mahasuci Allah yang maha agung dengan segala puji bagi-Nya.”

Baca Juga:  Terkuak! sahabat AKP Rita Yuliana bongkar fakta hubungan Pol Ferdy Sambo dengan sang Polwan cantik

– اَسْتَغْفِرُ اللهَ 
Astaghfirullah (3 kali)
Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah.”

– اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ
Allahumma antassalaam wa minkassalaam. Tabaa rokta yaa dzaljalaali wal ikroom.
Artinya: “Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Maha Suci Egkau wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).”

– لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لَا شرِيكَ لَهُ، لَهُ الملْكُ، ولَهُ الحمْدُ، وهُوَ عَلَى كُلِّ شيءٍ قديرٌ
Laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu. Lahul mulku walahul hamdu, yuhyii wayumiitu. Wahuwa ‘alaa kulli syai inqodiir.
Artinya: “Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya pula segala pujian. Dialah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi ruh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. (HR Ahmad, At Tirmidzi)

– اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
Allaahumma a’innii ‘alaa dzikrika. Wasyukrika wahusni ‘ibaadatika.
Artinya: “Ya Allah, tolong aku agar selalu berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu. (HR Abu Dawud, Ahmad).

– Subhanallah 33 kali

– Alhamdulillah 33 kali

– Allahu Akbar 33 kali

Itu lah beberapa amalan yang bisa dilaksanakan setelah salat subuh. Semoga bermanfaat. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.