Serba-serbi Paskibra HUT ke-77 RI dari pelosok nusantara, nomor 3 bikin nyesek!

Ilustrasi Paskibra (tangkapan layar youtube sekertariat presiden)

delta3.co.id – Paskibra (pasukan pengibar bendera) merupakan bagian penting dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI yang diperingati pada 17 Agustus 2022 kemarin.

Di mana pun upacara peringatan HUT ke-77 RI digelar, pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra adalah acara yang paling dinanti-nantikan.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra pada upacara peringatan HUT ke-77 RI, tidak hanya dilakukan secara nasional di Istana Negara Jakarta, tapi juga di seluruh pelosok nusantara, dari tingkat kecamatan, kabupaten atau kota, dan provinsi. 

Berbagai cerita unik dan menarik kerap mewarnai sesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra ini. Berikut adalah beberapa kejadian unik yang dialami oleh Paskibara di pelosok daerah, yang berhasil dihimpun delta3.co.id dari berbagai sumber, pada 18 Agustus 2022.

1. Paskibra Kecamatan Larangan, Tangerang

Kejadian mengharukan dialami oleh Paskibra kecamatan Larangan, Tangerang, saat prosesi pengibaran bendera pada peringatan HUT ke-77 RI kemarin.

Paskibra terpaksa harus mengibarkan bendera di lapangan yang becek dan tergenang air, disebabkan oleh hujan pada malam sebelumnya.

Baca Juga:  Segenggam prestasi anak bangsa sebagai hadiah ulang tahun Indonesia ke-77

Dari awal masuk lapangan sampai tiang bendera di tengah lapangan, Paskibra harus melewati beberapa genangan air berlumpur, hingga membuat bagian bawah baju mereka yang berwarna putih, menjadi berwarna coklat karena cipratan air bercampur lumpur.

Meski demikian, mereka tetap bersemangat mengibarkan bendera hingga usai.

2. Paskibra Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi

Hal tidak biasa yang dilakukan oleh anggota Paskibra Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi ini, sukses membuat netizen geleng-geleng kepala, bahkan geram.

Pasalnya, beberapa anggota Paskibra, tertangkap kamera sedang berjoget cukup ekstrim di tengah lapangan dekat tiang bendera, dengan masih mengenakan seragam Paskibra lengkap.

Dalam rekaman video yang kini viral di medsos tersebut, beberapa anggota Paskibra terlihat berjoget TikTok diiringi musik, dan disaksikan oleh peserta upacara.

Masih belum jelas, apakah acara joget-joget tersebut bagian dari rangkaian acara dalam upacara HUT kemerdekaan atau tidak.

Hingga artikel ini diunggah, masih belum ada konfirmasi dari pihak berwenang perihal kebenaran video tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Kolonel Andike Sry Mutya, pemimpin upacara bendera pada HUT RI ke-77 di Istana Negara

3. Paskibra Kota Solo

Upacara peringatan HUT ke-77 RI yang dipimpin langsung oleh Walikota Solo, Gibran Rakabumi, diwarnai kejadian tak terduga.

Bendera Merah Putih yang seharusnya dikibarkan di tiang bendera, gagal dinaikkan oleh Paskibra Kota Solo, karena kendala teknis.

Gagalnya pengibaran bendera Merah Putih saat upacara tersebut terjadi karena besi pengait tali yang biasa digunakan untuk mengaitkan bendera, patah.
Akibatnya bendera tak bisa dikerek naik.

Akhirnya, bendera Merah Putih hanya dikibarkan oleh pasukan pengerek bendera di bawah tiang bendera, diiringi lagu Indonesia Raya.

Setelah lagu Indonesia Raya selesai, bendera pun dilipat lagi, dan bawa kembali oleh Paskibra keluar lapangan.

Riuh tepuk tangan dari peserta upacara pun diberikan, termasuk dari Walikota Solo, untuk mengapresiasi kerja keras Paskibraka Kota Solo ini, meski akhirnya mereka gagal menaikkan bendera Merah Putih.

Bahkan saat di luar lapangan, beberapa anggota Paskibra terlihat menangis menyesali kegagalannya.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.