Tak sembarangan, ternyata ini filosofi pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi di perayaan HUT ke-77 RI

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memakai baju adat Dolomani (Pikiran Rakyat)

delta3.co.id – Memakai pakaian adat saat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, sudah menjadi ciri khas Presiden Joko Widodo.

Tak terkecuali saat HUT ke-177 RI, Presiden Jokowi juga mengenakan baju adat. Pada momen ini, ia memilih baju adat Dolomani, dari Buton.

Pakaian adat Dolomani yang dikenakan Presiden Jokowi terdiri dari kopiah berwarna dasar merah, dengan motif bunga rongo.

Pada kemeja, terbagi menjadi dua bagian. Yakni pada bagian dalam, terdapat kemeja putih tanpa kerah yang berwarna putih, sementara pada bagian luar beskap berwarna merah, dan diborder motif bunga rongo dengan warna putih.

Pada setelan bawah, Jokowi mengenakan celana panjang berwarna merah. Khususnya pada bagian samping terdapat border bermotif bunga rongo yang berwarna putih.

Baca Juga:  Lirik lagu High School in Jakarta - Niki Zefanya

Setelan pakaian adat itu pun menjadi lebih lengkap dengan adanya keris yang terletak pada bagian pinggang. Sehingga pada bagian pinggang pun terdapat sabuk yang memiliki warna keemasan, dengan sarung berwarna hitam-putih.

Diketahui, Dolomani adalah baju adat yang berasal dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jejak sejarah baju adat itu bagi masyarakat Buton adalah baju yang biasa dipakai Sultan Buton saat menghadiri acara atau upacara resmi kesultanan.

Sementara nilai filosofis dari motif bunga rongo yang menghiasi pakaian Dolomani, yakni ejawantah dari seorang seorang pemimpin yang berhasil merintis jabatan mulai dari dari bawah (mulai bawah, naik ke pemimpin, lalu turun menjadi jadi rakyat biasa).

Baca Juga:  Saat Kaesang masih tarik ulur soal Erina Gudono, Bobby Nasution malah beri sinyal ini di keluarga Jokowi

Adapun ornamen tumbuhan yang dikenal berasa manis, tapi bisa menimbulkan rasa gatal-gatal. Tumbuhan itu memiliki nilai filosofis bahwa seorang pemimpin harus tetap dalam kondisi waspada dengan marabahaya.

Pakaian adat Buton itu terasa lebih cocok, ketika Ibu Negara Iriana Jokowi juga mengenakannya. Namun setelan pakaian adat Dolomani milik Iriana memiliki warna dominan biru.

Terlihat dari baju atasan dan bawahannya berwarna biru cerah dengan ornamen berwarna emas yang menghiasi permukaan baju.

Uniknya pakaian Dolomani untuk kaum hawa ini memiliki mahkota berwarna emas dengan ukuran yang cukup besar. Sebagai pelengkap, pakaian adat ini pun memiliki tambahan syal berwarna biru emas dengan sapu tangan dengan warna serupa. *** 

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.