Selain Indonesia 4 negara ini juga punya cara yang unik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan, ada Korea Selatan

Perayaan Hari Kemerdekaan Bastile Day di Prancis (Instagram @bastilledaymelbourne)

delta3.co.id – Selain di Indonesia, ternyata ada lho perayaan Hari Kemerdekaan yang unik dan terbilang langka. Bahkan ada yang megah banget, layaknya kemenangan besar.

Berikut adalah 4 perayaan Hari Kemerdekaan terunik yang ada di dunia, selain Indonesia dilansir dari berbagai sumber pada 15 Agustus 2022.

1. Afrika Selatan ( Hari Kemerdekaan 27 April)

Di bagian pertama ada negara paling bawah di benuanya, yakni Afrika Selatan. Negara dengan ras kulit putih mencapai setengah populasi tetap.

Negara dengan ibu kota Capetown tersebut, menyatakan ‘kebebasan’ bukan ‘kemerdekaan’. Karena hakikatnya, para kaum kulit hitam atau negero di sana bisa tidur nyenyak oleh aksi anti-apherteid yang dilakukan Nelson Mandela. Hal tersebut membuat orang kulit putih pun mundur.

Kerennya lagi, perlombaannya juga unik karena per-tiap kepala keluarga diharuskan makan steak daging berukuran raksasa dengan waktu yang ditentukan dan yang menang duluan, maka orang tersebut menang.

Baca Juga:  Lirik dan makna lagu Los Retros berjudul 'Someone to Spend Time With'

Untuk hari kemerdekaannya jatuh pada tanggal 27 April tahun 1994.

2. Meksiko (16 September)

Negara dengan luas terbesar di Amerika bagian tengah tersebut, selalu meneriaki kata ‘Grito De Dolores’ pada hari kemerdekaan secara bersama-sama yang berarti serbuan para pejuang dalam mengusir tentara Spanyol saat penjajahan dulu.

Untuk hari kemerdekaan negara Meksiko, jatuh pada tanggal 16 September 1810.

3. Prancis

Di urutan ketiga ada Prancis. Negara yang kaya akan dunia mode dan fashion tersebut, tidak mau ketinggalan dengan aspek apa pun. Apalagi kalau membahas tentang hari kemerdekaan.

Hari perayaan tahunannya tersebut, bernama Bastile Day atau disebut dengan ‘Kebebasan Monarki’. Di mana para warga setempat di kota maupun desa menutup toko dan tempat kerja sembari mereka berlanjut untuk makan bersama keluarga atau open house.

Negara yang memiliki menara indah ini, merdeka pada tanggal 14 Juli tahun 1789.

Baca Juga:  Mengerikan, begini nasib TKI di Inggris yang berisiko terjerat utang

4. Korea Selatan

Negara yang kaya akan ginseng dan budaya K-popnya ini, merupakan salah satu negara yang sangat baik bagi masyrakatnya sendiri.

 

Misalkan ada narapidana, maka dipotong masa tahanan. Diskon besar-besaran pada setiap toko, minimarket dan pasar swalayan. Memberikan santunan bagi orang membutuhkan. Itulah salah satu fitur unik dari hari kemerdekaannnya.

Hari kemerdekaannya saja mirip dengan Indonesia yakni pertengahan bulan Agustus dan sama-sama terbebas dari penjajahan Jepang.

Itulah 4 negara yang juga punya cara yang unik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.