Sederet film tentang kemerdekaan ini bisa dinikmati jelang hari 17 Agustus

Ilustrasi kemerdekaan (unsplash)

delta3.co.id – 17 Agustus merupakan hari yang dinanti-nanti seluruh bangsa Indonesia. Hari kemerdekaan tersebut selalu diperingati mulai dari sekolah, kantor, rumah-rumah, dan lain sebagainya.

Sebagai bangsa Indonesia kita selalu menyambut 17 Agustus dengan penuh suka cita. Mulai dari mengadakan perlombaan hingga pengibaran bendera merah putih.

Namun, selagi menunggu hari kemerdekaan berlangsung ada deretan film yang bisa dinikmati menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus. Berikut deretan film tentang kemerdekaan yang dikutip delta3.co.id dari Pikiran Rakyat pada 13 Agustus 2022:

1. Merah Putih

Film berjudul Merah Putih ini tayang pada tahun 2009 yang disutradarai oleh Yadi Sugandi.

Film drama historis ini merupakan bagian pertama dari rangkaian film Trilogi Merdeka.

Film ini menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia pertama. Juga mengisahkan tentang peristiwa Agresi Militer Belanda pertama tahun 1947.

Sinopsis film ini menceritakan mengenai perbedaan suku dan agama. Empat kadet, Amir, Tomas, Dayan, dan Marius, bersatu dan berjuang bersama dalam perang geriliya. Demi mengalankan para tentara Belanda yang menyerbu markas mereka.

Baca Juga:  Profil dan biodata Cinta Laura, artis yang ulang tahun tepat di hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus

2. Soekarno

Film Soekarno tayang pada tahun 2013 yang disutradari oleh Hanung Bramantyo. Sinopsis film ini menceritakan setelah pemerintahan Hindia Belanda menangkap pemimpin perjuangan kemerdekaan Indonesia, Soekarno

Ia memperjuangkan keadilan negara dengan menyampaikan sebuah pidati bersejarah dalam persidangannya.

3. Janur Kuning

Film Janur Kuning ini tayang pada tahun 1979 yang disutradarai oleh Alam Rengga Surawidjaja. Janur Kuning ini merupakan film drama perjuangan Indonesia.

Sinopsis film ini menceritakan tentang kisah peperangan di Yogya yang kemudian terkenal dengan sebutan Serangan Umum 1 Maret. Melibatkan banyak tokoh yang kemudian berjasa, seperti Soeharto dan Sudirman.

4. Guru Bangsa Tjokroaminato

Film ini tayang pada tahun 2015 yang disutradarai oleh Garin Nugroho. Film Guru Bangsa Tjokroaminato ini menceritakan biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminato.

Baca Juga:  Lirik lagu Sang Dewi - Lyodra feat Andi Rianto

Tokoh pahlawan tersebut lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat.

Ia tidak bisa diam saja melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900.

Ia berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabutan. Sampai perjuangannya menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

5. Jenderal Soedirman

Film ini tayang pada tahun 2015 yang disutradarai oleh Viva Westi. Film Jenderal Soedirman menceritakan tentag Jendral Soedirman, seorang pemimpin perang gerilya yang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Meskipun menderita penyakit paru-paru.

Itu tadi deretan film yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati jelang 17 Agustus.***

Artikel ini pernah tayang di Pikiran Rakyat berjudul ‘5 Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok untuk Nobar Jelang HUT RI 17 Agustus 2022’

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.