Ternyata ada cara untuk bikin pikiran kita mudah bersyukur lho, gimana emang?

Ilustrasi gratitude journaling (Freepik)

delta3.co.id – Bersyukur memang merupakan sebuah hal yang dilakukan manusia ketika mengalami suatu kejadian.

Bahkan dengan bersyukur sendiri, perasaan tidak puas yang menganggu dalam diri kita bisa hilang secara berkala.

Namun, berdasarkan dari jurnal Michael Steger yang terbit pada 2007, kemampuan manusia untuk bersyukur antara satu dengan lainnya memang berbeda.

Hal tersebut disebut sebagai istilah trait grattitude, berdasarkan dari sebuah buku berjudul Cognition and Emotion.

Trait gratitude sendiri merupakan sebuah sifat Yang menentukan seberapa banyak atau seberapa peka manusia bisa bersyukur.

Sifat itu sendiri ternyata dipengaruhi oleh genetik, kepribadian dan budaya yang ada di sekitar individu itu sendiri.

Penemuan ini membuat para ilmuan bertanya tanya apakah ada sebuah cara khusus atau sebuah kiat yang bisa mengubah manusia untuk lebih mudah bersyukur. Yang dapat mengarahkan mansuia untuk lebih bahagia.

Bahkan hingga sampai saat ini masih belum sepenuhnya jelas sejauh manaka hrasa syukur dapat dilatih, ataupun seberapa lama efek dari pelatihan tersebut bertahan.

Memang untuk menuju kebahagiaan tidak ada cara simpel seperti meminum pil ajaib yang mendatangkan kebahagiaan.

Hidup memanglah rumit dalam hari-hari tertentu rasanya seperti anda kita mengendalikan diri sendiri, dan pada beberapa hari lainnya, kita kehilangan kontrol atas diri kita sendiri. Dan hal-hal seperti inji merupakan hal yang wajar dialamil oleh manusia.

Baca Juga:  Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77! Berikut 10 contoh ucapan selamat dan harapan untuk Indonesia

Malah terkadang mengejar kebahagiaan bisa membuat kita tambah merasa lebih tidak bahagia, apalagi ketika terlalu memaksakan diri.

Bersyukur juga tidak seharusnya dipandang seperti jalan keluar untuk depresi atau sebagai pengganti untuk menghindari pertolongan dari yang profesional dalam bidangnya.

Karena pada dasarnya rasa syukur merupakan bagian dari teka-teki dari hidup kita, dan bukanlah solusi untuk teka-teki kehidupan secara keseluruhan.

Menurut data yang didapat oleh tim Hops Media dari kanal YouTube Kurzgesagt – In a Nutshell yang dikutip pada 13 Agustus 2022, cara bersyukur yang sudah terbukti paling ampuh adalah membuat catatan rasa syukur, atau yang biasa disebut gratitude journaling.

Gratitude journaling sendiri dapat dilakukan dengan mudah, dengan hanya duduk selama beberapa menit saja, kemudian tuliskan hal-hal positif apa saja yang kita alami selama seharian.

Memang pada awalnya akan terasa aneh dan tidak nyaman, maka dari itu mulailah dari hal kecil saja.

Misalnya menulis seberapa enak secangkir kopi panas yang menyenangkan hidung di pagi hari, atau suara burung yang berkicau dengan merdu di pagi hari.

Baca Juga:  Kocak! Anak ini ikut lomba makan kerupuk 17 Agustus sambil bawa nasi, netizen: Biar kenyang...

Setelah mulai biasa dengan hal-hal kecil, kita dapat mendorong tulisan dalam jurnal ke arah yang lebih besar.

Misalnya mensyukuri kehadiran teman yang mudah dititipi untuk sekedar beli makanan, atau kinerja jasa ekspedisi yang senantiasa mengantarkan paketmu dengan selamat.

Kemudian dalami juga perasaan itu, apakah kita sudah bersyukur atas kehadiran mereka dalam hidup kita?

Yang pastinya kita sebagai manusia tercipta berbeda-beda, dan pastinya kita tahu cara apa yang akan bekerja untuk diri kita sendiri.

Jika masih tidak percaya dengan cara ini, Kurzgesagt juga menambahkan dalam beberapa penelitian banyak peserta yang kebahagiannya meningkat setelah melakukan gratitude journaling hanya dalam beberapa minggu.

Lebih lagi penelitian menemukan perubahan dalam aktivitas otak bahkan hingga beberapa bulan setelah para subjek melakukan gratitude journaling.

Gratitude journaling bisa saja menjadi cara ampuh untuk memprogram ulang diri kita.

Juga dari hasil penelitian tersbut, setiap manusia memiliki perasaan yang berbeda-beda.

Pada akhirnya, bagaimana cara kita menikmati hidup merupakan sebuah cerminan dari apa yang kita percayai dalam hidup ini. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.