Menkumham kukuhkan hak cipta lagu Ojo dibandingke yang sempat dinyanyikan Farel Prayoga di Istana Negara

Farel Prayoga (Instagram @farelprayoganewreal)

delta3.co.id – Farel Prayoga menjadi perbincangan lantaran berhasil memukau audiens di Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia 2022 di Istana Merdeka.

Penyanyi cilik Farel Prayoga ini sukses membuat ratusan para tamu yang hadir di Istana Merdeka ikut bergoyang.

Farel Prayoga berhasil memukau Presiden Joko Widodo dengan menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke”.

Karena hal itu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengukuhkan hak cipta lagu Ojo Dibandingke tersebut.

Dikutip dari Suara.com, Yasonna bahkan juga mengukuhkan Farel Prayoga sebagai Duta Kekayaan Intelektual kategori pelajar.

Penyanyi cilik asal Banyuwangi tersebut dinilai memiliki potensi dalam membantu pemerintah mengkampanyekan kekayaan intelektual.

“Kemarin setelah kita melihat penampilannya yang memudahkan menjadikan duta itu karena dia sudah dikenal dengan baik dan memiliki kemampuan talenta yang baik,” ungkap Menkumham Yasonna.

Baca Juga:  Saat Kaesang masih tarik ulur soal Erina Gudono, Bobby Nasution malah beri sinyal ini di keluarga Jokowi

Penobatan duta kekayaan intelektual bagi penyanyi yang dikenal dengan lagu Ojo Dibandingke tersebut diharapkan bisa mendorong masyarakat mendaftarkan kekayaan intelektualnya.

Selain itu Farel juga diharapkan menjadi role model untuk anak-anak yang lainnya yang memiliki bakat tertentu agar lebih semangat lagi.

Menurut Menkumham ada banyak sekali macam kekayaan intelektual yang ada, maka ia berharap bahwa segala kekayaan intelektual yang ada masyarakat bisa lebih sadar dan bisa segera mendaftarkan.

“Karena kekayaan intelektual itu banyak. Ada merek, paten, indikasi geografis, hak cipta, desain geografis, kekayaan komunal, pengetahuan budaya dan lain sebagainya,” kata Menkumham Yasonna dikutip dari Suara.com oleh tim delta3.co.id pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Baca Juga:  Profil Farel Prayoga penyayi cilik Ojo Dibandingke yang bikin para pejabat bergoyang di upacara Istana negara

Dengan hal ini Menkumham juga mendaftarkan hak cipta dari lagu yang telah dinyanyikan Farel Prayoga setelah berhasil menemukan pencipta daripada lagu tersebut.

Menurutnya pengukuhan hak cipta dari lagu Ojo Dibandingke sebagai kekayaan intelektual itu dapat menguntungkan bagi penciptanya agar dapat royalti sebagai mana mestinya.

Selain memiliki manfaat secara ekonomi, mendaftarkan hak cipta ini juga dinilai mampu mencegah terjadinya pencomotan suatu karya ciptaan tanpa izin pemilik aslinya.

Dari beberapa alasan tersebutlah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly kemudian mengukuhkan hak cipta lagu Ojo Dibandingke dan menjadikan Farel Prayoga sebagai Duta Intelektual kategori pelajar.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.