Profil PM Finlandia Sanna Marin yang dianggap bikin skandal, video pribadinya lagi party tersebar

PM Finlandia Sanna Marin. (Foto: Instagram @sannamarin)

delta3.co.id – Sebuah video yang memperlihatkan PM Finlandia Sanna Marin, beredar luas di media sosial.

Di video tersebut, PM Finlandia Sanna Marin terlihat berjoget dan berteriak-teriak bersama beberapa perempuan.

Tak ayal, aksi PM Finlandia Sanna Marin tersebut menuai banyak kritikan publik. Dia dianggap tidak menjaga imejnya sebagai representasi dari pejabat tinggi negara.

Pasalnya, hal ini bukan pertama kalinya bagi Marin. Pada Desember 2021 lalu, dia juga pernah meminta maaf karena pergi ke club setelah kontak dengan pasien Covid 19.

Meski begitu, tak sedikit yang membelanya. Di usianya, aksi PM Finlandia Sanna Marin (36 tahun) dianggap lumrah. Apalagi hal itu tidak menyakiti orang.

Nama lengkapnya adalah Sanna Mirella Marin. Saat ia berusia 34 tahun, ia didaulat menjadi Perdana Menteri (PM) Finlandia pada 10 Desember 2019.

Karenanya, ia menjadi PM termuda sepanjang sejarah.

Marin lahir di Helsinki pada 16 November 1985. Tetapi ia besar di Pirkkala, tempat di mana ia menempuh sekolah menengah. Ia lulus pada tahun 2004.

Baca Juga:  Ali Rifan: Chemistry Anies Lebih Mudah Diterima Kader Nasdem Ketimbang Figur Capres Lain

Tahun 2006, Marin bekerja di toko roti dan menjadi kasir. Ia lalu bergabung dengan sayap pemuda Partai Sosial Demokrat.

Tahun 2010-2012, Marin menjabat sebagai wakil presiden organisasi. Pada waktu bersamaan, ia juga menjadi anggota Majelis Dewan Provinsi Tampere.

Setelahnya, Marin menjabat sebagai anggota Dewan Wilayah Pirkanmaa pada tahun 2013 sampai 2016, dilansir dari Britannica pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Pada 2014, Marin terpilih menjadi wakil ketua kedua di partainya. Setahun kemudian, ia terpilih sebagai anggota Parlemen Finlandia mewakili daerah pemilihan Pirkanmaa. Tahun 2019, ia terpilih lagi untuk kedua kalinya.

Setelah itu, ia diangkat menjadi Menteri Transportasi dan Komunikasi.

Pada Desember 2019, Partai Demokrat Sosial mencalonkan Marin untuk menggantikan Antti Rinne sebagai Perdana Menteri Finlandia yang turun dari jabatannya.

Marin dianggap sebagai salah satu anggota partai yang lebih berhaluan kiri dan dikagumi karena pemikirannya yang jernih dan fokusnya pada kebijakan.

Baca Juga:  30 Nama Bayi Laki-laki yang Lahir di Bulan Agustus, Kuat dan Penuh Semangat Moms!

Agendanya berfokus pada menopang program kesejahteraan sosial Finlandia, dan pada kesetaraan sosial serta isu-isu perubahan iklim.

Skandal video

Tetapi, akibat skandal video itu, banyak kecaman yang menderanya PM Finlandia Sanna Marin. Sebagai perdana menteri, ia dianggap tidak pantas melakukan pesta.

Meski demikian, tak semua mengkritiknya. Banyak juga yang mendukungnya.

Di kanal youtube Corriere Della Sera, misalnya, akun Walter White berkomentar, “Jika lebih banyak pemimpin dunia melakukan hal seperti ini, mungkin ketegangan dan masalah di dunia akan berkurang,” tulisnya.

Sementara, akun Conchase1 membandingkan dengan kondisi politisi di AS, dan mengharap Marin mencalonkan diri menjadi presiden AS.

“Jika dia bosan dengan Finlandia, minta dia mencalonkan diri sebagai Presiden di AS. Saya yakin mayoritas orang Amerika akan mengubah undang-undang sehingga dia bisa menjadi Presiden,” katanya.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.