Presiden Jokowi akan kenakan baju adat Tolaki saat upacara HUT RI ke 77 di Istana Negara, berikut bocorannya

Presiden RI Jokowi (BPMI Setpres)

delta3.co.id – Dua hari menjelang upacara peringatan HUT RI ke 77, 17 Agustus 2022 mendatang, Istana Negara semakin sibuk mempersiapkan rangkaian acaranya nanti.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada HUT RI ke 77 kali ini, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, masih akan mengenakan pakaian adat daerah Indonesia. 

Pihak istana pun sudah menyiapkan baju adat yang akan dikenakan oleh Presiden Jokowi. Kabarnya, untuk HUT RI ke 77 ini, Jokowi akan mengenakan pakaian adat Tolaki, Sulawesi Tenggara. adat Tolaki yang akan dikenakan Jokowi nantinya memang masih menjadi rahasia. Akan tetapi, penjelasan dari baju adat Tolaki berikut mungkin bisa menjadi gambaran.

Tolaki adalah nama salah satu suku asli Sulawesi Tenggara. Mereka adalah penduduk asli kota Kendari dan Kolaka.

Seperti halnya suku-suku lain di Indonesia, suku Tolaki juga punya baju adat yang biasanya dipakai untuk acara-acara tertentu.

Baju adat Tolaki, Sulawesi tenggara yang sudah mengalami modifikasi (Sumber foto: Wadaya)

Dulu, pakaian adat ini hanya dipakai oleh para bangsawan, orang-orang terpandang, atau orang yang memiliki jabatan tinggi. Namun seiring perkembangan zaman, baju adat kini bisa dipakai oleh masyarakat umum.

Baca Juga:  Benarkan Conte akan bergabung ke Juventus? simak

Masyarakat biasanya menggunakan baju adat ini untuk acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan.

Untuk baju pengantin misalnya, sudah mengalami modifikasi sedemikian rupa, agar terlihat lebih mewah, namun tetap menonjolkan ciri khas Tolaki.

Baju adat Tolaki secara umum dibagi menjadi dua, yaitu Babu Nggawi, dan Babu Nggawi Langgai.

1.Babu Nggawi

Babu Nggawi adalah baju adat untuk wanita. Pakaian ini terdiri dari dua komponen utama yaitu lipa hinoru (hinoru berarti tenun) sebagai atasan berupa blus, dan roo mendaa sebagai bawahan, berupa rok panjang yang punya warna senada dengan atasannya.

Panjang rok tersebut mencapai mata kaki dan dilengkapi dengan hiasan manik-manik emas khas Tolaki di bagian depan.

Baju ini dilengkapi dengan aksesoris berupa sulepe (ikat pinggang), andi-andi (anting-anting), eno-eno (kalung), bolosu (gelang), solop (alas kaki/selop), tusuk konde, dan sanggul dengan hiasan bunga-bunga.

2. Babu Nggawi Langgai

Babu Nggawi Langgai adalah baju adat Tolaki untuk pria.

Baca Juga:  Alfamart terancam diboikot buntut karyawannya dirundung penguntil cokelat: Nama besarnya dipertaruhkan

Tidak seperti Babu Nggawi, Babu Nggawi Langgai lebih sederhana dan tidak terlalu banyak aksesoris.

Baju ini terdiri dari beberapa komponen yaitu babung ginasamani (baju atasan lengan panjang dengan sulaman benang emas), saluaro mendoa (celana panjang), sulepe atau salupi (ikat pinggang dari logam berwarna emas), dan Sapu Ndobo (sapu tangan berwarna cerah), dan Pabele (Destar) yang meruncing di bagian atas sebagai penutup kepala.

Babung Ginasamani sendiri biasanya berupa baju berlengan panjang dengan belahan di bagian tengah tanpa kancing. Dihiasi manik-manik berwarna emas pada bagian leher, lengan dan belahan tersebut. Baju ini juga dilengkapi sulaman. Sulaman inilah yang disebut ginasamani.

Babu Nggawi Langgai (secara spesifik kemungkinan Babung Ginasamani Pulubala) inilah yang kabarnya akan dikenakan oleh Presiden Jokowi pada upacara peringatan HUT ke 77 RI di Istana negara, 17 Agustus 2022 mendatang.***

Sementara untuk baju adat yang akan dikenakan oleh Ibu Iriana, sampai saat ini masih dirahasiakan.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.