Sebarkan laporan palsu, Putri Candrawathi terancam terkena hukuman pidana

Putri Candrawathi bisa saja terncaman hukuman pidana terkait laporan bohong (Instagram @reval_alip)

delta3.co.id – Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar baru-baru ini mengungkapkan bahwa laporan dugaan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi bisa menjadi bumerang baginya.

Menurutnya, Putri Candrawathi bisa saja terancam hukuman pidana karena membuat laporan palsu terkait kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Di samping itu, Abdul Fickar Hadjar juga menilai bahwa terdapat indikasi yang mengarah terhadap upaya untuk menghalangi penyelidikan.

Abdul Fickar Hadjar pun juga mengungkapkan bahwa laporan dugaan pelecehan seksual yang dibuat oleh Putri Candrawathi bisa di artikan menjadi dua hal.

“Yang pertama, melaporkan berita bohong dan yang kedua, dia sengaja untuk menutupi kejadian yang lain,” kata Fickar, dilansir delta3.co.id dari Pikiran Rakyat pada Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra Hari Ini, Sabtu 1 Oktober 2022: Ramalan Karir Cinta Keuangan dan Kesehatan

Kemudian, Fickar pun menambahkan bahwa istri Ferdy Sambo itu melaporkan dugaan pelecehan seksual seolah-olah ia menjadi korban.

Jika terbukti melaporkan berita hoax, maka Putri Candrawathi bisa terjerat 2 pasal yaitu pasal 220 yang didalamnya tercantum tentang Laporan Palsu dengan hukuman 1 tahun 4 bulan kurungan penjara.

Selain itu, pasal 221 yang secara jelas mengatur ancaman pidana terhadap pihak-pihak yang menghilangkan bukti, itu dapat diancam pidana dengan kurungan 9 bulan penjara.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah mengkategorikan laporan istri Ferdy Sambo itu ke dalam ‘Obstruction of Law’ yang diduga untuk menghalangi penyelidikan terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Lalu, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) juga telah menegaskan bahwa tidak bisa memberikan perlindungan kepada Putri.

Baca Juga:  Intip Lebih Dekat Pesona Pasir Putih Pantai Repi Labuan Bajo NTT

Karena sebelumnya Bareskrim Polri menghentikan penyidikan terkait kasus pelecehan seksual yang dilaporkan oleh istri Ferdy Sambo itu.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.