Mengenal Kyaraben, bekal makanan estetik yang pernah disambatkan emak-emak viral

Kyaraben ala pokemon (Sumber: airkitchen.me)

 

delta3.co.id – Kyaraben merupakan sebuah bekal makanan yang tersaji secara estetik dan juga menggugah selera makan bagi siapapun yang melihatnya.

Kyaraben atau istilah Jepang-nya disebut Charaben, merupakan kependekan dari character bento. Atau dalam bahasa Jepangnya ditulis Kyarakuta Bento.

Kyaraben adalah sebuah cara penyajian sebuah bento yang dimana makanan akan dikreasikan sedemikian rupa membentuk sebuah karakter.

Karakter yang dibentuk  pun beragam. Bisa saja sebuah hewan, tanaman, atau bahkan sebuah karakter terkenal dari anime, Pikachu misalnya.

Awalnya, bento yang dihias ini dimaksudkan untuk menarik minat anak-anak pada makanan mereka dan untuk mendorong kebiasaan mereka untuk makan makanan yang lebih beragam jenisnya.

Pada akhirnya, kebiasaan ini telah berkembang menjadi simbol budaya, sampai-sampai diadakan kontes nasional di Jepang sana.

Dikutip delta3.co.id dari laman Wikipedia, ternyata Kyaraben juga memiliki sejarah lho.

Baca Juga:  Studi: Tidur Nyenyak Lebih Penting untuk Kesehatan

Konon katanya, budaya ini diawali dengan praktik umum menambahkan side dish daldam bento bernama “Sosis Tuan Gurita” atau yang bernama Tako-san winnā dalam bahasa Jepang.

Sosis Tuan Gurita yang dimaksud adalah sebuah kreasi sosis yang dibelah pada bagian bawahnya agar menyerupai seekor gurita. Dan pada umumnya sosis ini tidak memiliki wajah sehingga sulit dikenali sebagai karakter.

Tim Hops Media mendapat informasi dari weirdasianews.com, yang mengatakan bahwa buku bernama “Kodomo no Kawaī O-bentō” (Bentō Anak-Anak yang Imut) merupakan buku resep pertama yang menyertakan karakter wajah.

Buku tersebut merupakan buku terbitan 1997 yang dimunculkan oleh kelompok peneliti makanan bernama Furutani Masae.

Masih dari website yang sama, penggunaan kata Kyaraben sendiri diyakini dari buku bernama “Kyarakutā-ippai no O-bentō” (Bentō yang Penuh dengan Karakter) karangan seorang Perancang makanan bernama Yukiko Bureneku, pada 2003 silam.

Baca Juga:  5 Budaya Jepang yang bikin salut, sangat berbeda dengan di Indonesia

Mengutip dari Journal of Nutrition Education and Behavior, membuat bekal anak dalam bentuk bento yang lucu dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Bentuk yang paling umum dari KyaraBen adalah bentuk sederhana Sosis Tuan gurita. Dan bentuk paling rumit adalah karakter-karakter dalam acara kartun.

Bagi emak-emak yang ingin belajar membuat Kyaraben, penulis bisa menyarankan dengan membuat kreasi Sosis Tuan Gurita yang wajahnya dihias dengan sepasang mata dan senyuman yang terbuat dari wortel.

Bisa juga menata sebuah nasi goreng dengan memberikan karakter wajah yang terbuat dari belahan telur puyuh rebus, dan juga sosis yang ditekuk, seolah-olah menyerupai sebuah senyuman.

Bisa juga ditambahkan sebuah selada di bawah nasi goreng, yang seolah-olah selada tersebut adalah rambut. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.