Kemenpora beberkan tiga hal penting untuk jadi entrepreneur, wajib tahu!

Drs. Imam Gunawan, MAP, Plt. Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora. (Hops.ID)

delta3.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kembali mengadakan acara yang menjadi bentuk nyata kontribusinya untuk dunia wirausaha pemuda Indonesia pada hari ini, 13 Agutus 2022. 

Kali ini, Kemenpora mengadakan Literasi Ekosistem Kewirausahaan Pemuda dengan tema Exploration Scaling Up Your Bussinesses yang digelar dengan memanfaatkan teknologi yakni secara daring melalui Zoom.

Dalam kesempatan itu, Plt. Asdep Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Drs. Imam Gunawan, MAP membeberkan tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang entrepreneur alias wirausaha.

Hal penting pertama yang harus disorot adalah tentang mental menjadi wirausaha. Menurut Imam, ini menjadi dasar yang paling penting. Sebab, mental yang terbentuk akan memengaruhi bagaimana kondisi bisnis seorang entrepreneur ke depannya.

“Entrepreneur mindset ini menjadi trigger utama. Jika mental tidak bagus, maka wirausaha akan mengalami kesulitan ke depannya dalam menjalankan usahanya,” ujar Imam Gunawan.

Baca Juga:  BMKG: Peringatan Dini Tiga Harian untuk Wilayah Jawa Barat

Berikutnya, yang harus menjadi perhatian utama untuk menjadi wirausaha adalah memahami pangsa pasar. Jangan sampai, seorang pemilik bisnis tidak memahami hal ini, sehingga bingung saat ingin memasarkan produknya.

Kemudian yang ketiga adalah memahami tentang permodalan. Akses ke permodalan sering kali menjadi hambatan saat seseorang ingin membangun usaha.

Maka itu, seorang pengusaha harus paham tentang bagaimana untuk mendapatkan akses ke permodalan guna mengembangkan usahanya.

Namun demikian, Imam menegaskan bahwa bukan hanya tiga hal itu yang penting. 

“Bukan berarti, di luar itu tidak penting,” tegas Imam.

Pentingnya kolaborasi

Lebih lanjut, Imam mengatakan, diperlukan kolaborasi lintas pihak untuk terus bisa memudahkan para pengusaha dalam membangun bisnisnya.

Imam juga mengatakan, penyelesaian masalah yang ada, seperti jarak antara pengusaha dan modal misalnya, harus diselesaikan bersama.

Baca Juga:  Terbaru! Link Download Apk Mod Higgs Domino RP V1 91 Tema Blue Edition Lengkap X8 Speeder Musik Original

“Ekosistem sudah ada. Misal penyedia modal sudah ada. Namun yang terjadi adalah masalah keterkaitan. Ini berjarak. Jarak-jarak seperti ini yang harus kita selesaikan bersama,” katanya.

Kemenpora juga mengatakan bahwa mereka memberikan entrepreneur program menjadi prioritas utama.

Kemenpora secara aktif terus mengajak berbagai pihak mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten, pihak kampus dan stakeholder lainnya untuk terus mengembangkan dunia wirausaha pemuda.

Hal ini dilakukan guna mengejar ketertinggalan di dalam bidang kewirausahaan, terutama proporsi jumlah wirausaha dengan jumlah penduduk Indonesia.

“Yang dikejar adalah wirausaha pemula. Karena kami meyakini, dengan memulai bisnis di usia muda, peluang suksesnya makin besar,” imbuh Imam.

Imam lagi-lagi menekankan tentang konektivitas dan kerja kolaboratif untuk mengembangkan dunia wirausaha pemuda Indonesia ini. “Memang betul-betul hal ini yang sangat kami inginkan,” ujar dia. ***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.