Heboh ospek kampus Untirta jemur maba hingga 10 jam tanpa minum, Rektor buka suara: Jangan memperburuk

Kampus Untirta, foto: Website kampus Untirta

delta3.co.id – Nama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang disebut juga sebagai Untirta di Banten Jawa Barat baru-baru ini menghebohkan dunia maya.

Untirta telah trending di twitter maupun di media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan perlakuan ospek kampus yang dinilai berlebihan.

Tindakan senioritas ini viral berawal dari cuitan akun twiiter @aimenasalma yang mengungkap kekecewaannya atas sikap panitia ospek kampus di Untirta.

“Jujur Untirta parah banget ospeknya. Belum ospek padahal masih TM. Adek gue bilang shalat bener-bener diburu-buruin, gak boleh minum dari pagi sampek sore. Yang bawain minum mentor kelompoknya dan itupun hanya 1 botol diminum ramean,” dikutip delta3.co.id dari akun twitter @aimenasalma pada 10 agustus 2022.

Ketika cuitan @aimena salma viral, sontak membuat para mahasiswa baru untirta yang mengikuti ospek juga ikut berkomentar.

Beberapa maba Untirta mengatakan bahwa mereka dijemur di tengah lapangan hingga 5 jam lamanya tanpa makan dan minum. Para peserta juga diketahui banyak yang pingsan dan muntah-muntah saat dilaksankannya ospek.

Baca Juga:  5 Momen Penting PSG Juara Piala Super Prancis, Ada Foto Bareng Messi, Ramos, Neymar Jr 

“Gue salah satu maba untirta dan salah satu maba yang ikut dijemur di tengah lapangan. Asal kalian tau kita dijemur dari jam 12 sampai jam 5 sore dan kita juga dimarah-marahin tanpa alasan yang jelas. Gue sampe muntah-muntah dan peserta lain udah banyak yang pingsan,” tulis @hi_sseulduende.

Aksi panitia ospek Untirta ini banyak warganet yang menyayangkan atas dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Menurut info yang beredar, sunscreen yang para mahasiswa baru bawa telah diambil paksa oleh panitia. Dan aksi penjemuran ini dilakukan saat matahari sedang terik-teriknya yakni pukul 12.00 WIB.

Kampus Untirta, foto: Twitter

“Ospek Untirta berkomitmen mewujudkan calon mahasiswa yang kanker kulit, berbatu ginjal, berklaster covid, dan bersuspek cacar monyet,” ujar akun @arrrrd21.

“Lagian ngebentuk mental kok ngejemur maba. Ngebentuk mental itu Ketika lo salah jurusan tapi tetap lo jalanin,” tulis akun @apaansiRen.

Menanggapi segala komentar yang viral di media sosial, pihak kampus Untirta akhirnya buka suara. Rektor kampus Untirta Profesor Fatah Sulaiman mengaku bahwa mereka juga kaget jikalau ada kegiatan pra ospek.

Baca Juga:  Siap duduk di bangku perkuliahan? Kenali nama ospek di berbagai PTN di Indonesia

“Jujur saja secara institusi itu tidak ada praospek. Dan mereka mengaku ada kelalaian sedikit dalam pelaksanaannya,” kata Profesor Fatah Sulaiman.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pihaknya segera memanggil pihak-pihak yang terkait ospek tersebut.

“Hari ini saya sudah panggil semua resma, bidang kemahasiswaan dan sebagainya untuk menjelaskan awal permasalahannya seperti apa,” ujarnya dilansir dari laman Kabar Banten TV Jumat 12 Agustus 2022.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pihaknya sudah menjelaskan sejak awal untuk pihak terkait kasus tersebut utuk mempertimbangkan risiko.

“Tadi pihak resma menjelaskan bahwa mereka yang punya inisiatif dan sudah saya ingatkan jika mengambil inisiatif harus mempertimbangkan risiko, jangan malah memperburuk,” ujarnya.

Tak cuma itu, ia menyampaikan bahwa mahasiwa yang ikut andil dalam panitia ospek itu wajib meminta maaf.***

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].