Menambah Gairah Seks dengan Menjemur Alat Vital, Ini Kata Pakar!

Istilah perineum sunning atau menjemur alat vital kini tengah ramai dibicarkan di jagat media sosial. Pasalnya, seorang influencer terkenal mengklaim bahwa kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat. Contohnya, bisa meningkatkan kualitas tidur hingga menambah gairah seks.

Namun, banyak pakar kesehatan menentang ‘ritual’ ini karena risikonya justru dinilai lebih banyak dibandingkan dengan manfaat yang didapat.

Woman sunbathing at sunny tropical poolside

Berbagai risiko menjemur alat vital untuk menambah gairah seks
Istilah perineum sunning menjadi viral ketika seorang influencer bernama Meagan menggunggah mengenai hal tersebut di akun Instagram miliknya. Perineum merupakan daerah tubuh yang berada di antara anus dan skrotum (laki-laki), serta vulva (untuk perempuan). Sehingga untuk menjemur bagian tersebut, seseorang perlu berjemur dalam keadaan telanjang.

Dalam unggahan Instagram, Meagan juga menjelaskan bahwa sejak melakukan perineum sunning ia merasakan beberapa manfaat. Mulai membuat tidurnya lebih nyenyak, menjadi lebih kreatif, hingga bisa meningkatkan gairah seks.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
A post shared by 𓂀 𓋹 Metaphysical Meagan 𓋹 𓂀 (@metaphysicalmeagan) on Oct 21, 2019 at 7:57am PDT

Meagan mengatakan, menjemur alat vital cukup dilakukan selama 30 detik saja. Meskipun waktunya terbilang singkat, seseorang sudah bisa merasakan manfaat yang setara dengan berjemur di bawah sinar matahari seharian dengan pakaian lengkap.

“Efeknya lebih kuat dibandingkan dengan minum kopi di pagi hari. Membuat energi bena-benar bertambah,” tulis Maegan dalam keterangan foto.

Setelah menerima banyak perhatian warganet pada postingan pertama, Maegan pun mengunggah foto kembali untuk memberikan penjelasan mengenai perineum sunning yang lebih lengkap.

Di samping itu, Meagan juga menyebutkan bahwa energi sinar matahari bisa memperkuat organ-organ tubuh. Hal tersebutlah yang menjadi landasan mengapa ia berani mengatakan bahwa menjemur alat vital atau perineum sunning merupakan sebuah praktik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Baik kesehatan secara fisik maupun secara mental.

Baca Juga:  Kebijakan Batasan Produksi Rokok Dinilai Tepat Lindungi Pabrikan Kecil

“Pengalaman saya dan perineum sunning ini sangat mendalam. Saya sudah merasakan manfaatnya,” ungkap Meagan.

Tidak hanya merekomendasikan berjemur dalam keadaan telanjang, Meagan bahkan tidak menyarankan untuk menggunakan tabir surya. Karena menurutnya, praktik ini tidak akan membuat tubuh termasuk alat vital menjadi menghitam.

Selain Meagan, seorang aktris Hollywood bernama Shailene Woodley juga pernah menjadi perbincangan hangat dengan alasan sama. Pemeran film Divergent tersebut pernah berjemur dalam keadaan telanjang, berupaya memberikan vitamin D alami pada organ intimnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh di musim dingin.

Pakar kesehatan: “Perineum sunning tidak memberikan manfaat apa pun untuk kesehatan”
Klaim Meagan yang viral tersebut tidaklah selaras dengan pendapat para ahli kesehatan. Pasalnya, menjemur tanpa memakai pakaian bahkan tanpa perlindungan tabir surya malah berisiko untuk kesehatan kulit.

Dokter asal Inggris bernama Diana Gall menjelaskan lebih lanjut, “Tidak ada bukti ilmiah sama sekali bahwa menjemur alat vital bisa menyehatkan fisik apalagai menambah gairah seks. Memang bagus jika tubuh terpapar vitamin D dari sinar matahari. Namun, bukan berarti kulit kita harus dikorbankan untuk mendapat manfaat tersebut.”

Vitamin D dari sinar matahari sudah bisa diserap oleh tubuh dengan baik bahkan ketika berjalan-jalan dengan pakaian lengkap di luar ruangan. Berjemur menggunakan tabir surya juga tidak akan mengurangi manfaat sinar matahari bagi tubuh.

Menurut Diana, berjemur dengan mengekspos kulit tanpa perlindungan apa pun tidak akan memberikan manfaat yang lebih besar. Malah, praktik tersebut dapat membuat kulit iritasi, bahkan bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Ahli Demartologi Jeremy Fenton bahkan memaparkan, daerah perineum merupakan salah satu daerah tubuh yang paling rentan. Area tersebut jarang terkena sinar matahari, sehingga respons yang didapat akan lebih sensitif dibandingkan dengan bagian kulit lain saat terpapar panas secara langsung.

“Bagian perineum dan sekitaran alat vital itu sensitif. Anda berisiko tinggi terkena luka bakar jika terpapar matahari, apalagi saat tidak menggunakan perlindungan apa pun,” jelas ahli demartologi dari New York tersebut.

Baca Juga:  Bakal Bertanding Malam Nanti, Ini Link Live Streaming Laga Kedua FIFA Matchday : Timnas Indonesia VS Curacao

Cara yang lebih efektif
Ada cara yang lebih baik untuk mendapat manfaat kesehatan dari sinar matahari. Salah satu pakar kesehatan Shamir Patel menjelaskan, berjalan-jalan sebentar pada pagi hari di halaman rumah dinilai lebih memiliki banyak manfaat daripada menjemur alat vital selama 30 detik.

Ritual menjemur alat vital juga tidak memiliki manfaat untuk menambah gairah seksual. Untuk mendapatkan hal tersebut, sebenarnya yang diperlukan hanyalah menjalani gaya hidup sehat.

Olahraga teratur dan menjalin komunikasi dengan pasangan merupakan jalan yang lebih baik serta aman untuk menambah gairah seks dibandingkan denan menjemur alat vital.

“Menjemur alat vital memang butuh waktu sebentar, ya. Hanya 30 detik. Namun, efek negatifnya bagi kesehatan kulit bisa berkelanjutan dalam jangka panjang. Ini merupakan kesalahan informasi medis yang salah dan berbahaya,” lanjut Shamir.

Informasi medis di media sosial perlu dikonfirmasi terlebih dahulu oleh tenaga ahli
Dr Stephanie Ooi dari My Health Care Clinic London juga berpendapat sama dengan Shamir. Ia menyangkan fakta bahwa seorang influencer menyebarkan informasi medis yang belum dikonfirmasi kebenarannya secara gamblang.

“Sama sekali tidak ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Tolong jangan percaya mentah-mentah mengenai informasi yang didapatkan lewat media sosial,” tukasnya.

Stephanie juga melanjutkan, “Bicara dan konsultasikan dulu dengan tenaga ahli seperti dokter, perawat, atau profesional yang revelan terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu yang berdampak pada kesehatan.

Dalam aku Instagram pribadinya Josh bercerita, “Area di sekitar bokongku jadi terbakar hebat. Bukannya menikmati hari berjalan-jalan dengan keluarga, aku malah sibuk mendinginkan area bokong dengan es dan lidah buaya. Dan sungguh, ini menyakitkan.”

Pengalaman tersebut membuktikan bahwa menjemur alat vital memiliki banyak risiko untuk kesehatan. Dari pengalamannya, Josh berharap bahwa seseorang harus lebih berhati-hati dalam menelan informasi sehingga tidak ada lagi yang mengalami kondisi yang sama dengannya.

***

: Insider, Yahoo
Bumil ingin berjemur? Cek dulu aturan penting yang perlu dipatuhi

Sumber: id.theasianparent.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.