Pemeriksaan lab untuk jaringan pasca kuretas

Pemeriksaan lab untuk jaringan pasca kuretas
Pemeriksaan lab untuk jaringan pasca kuretas

beberapa hari lalu saya keguguran, dan saya periksa ke dokter, dokter bilang saya harus segera di kuret, setelah itu saja menjalani operasi kuret, dan di suruh kontrol lagi tgl 24 nanti, dan katanya akan men check lab sisa jaringan yang di keluarkan dr perut saya, itu untuk apa ya dok?


Selamat  sore, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kuret adalah suatu prosedur medis yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan untuk mengelaurkan sisa jaringan pada rahim. Bisanya dilakukan ketika terjadi keguguran yang masih ada jaringan tertinggal di dalam rahim. Sedangkan keguguran adalah kondisi saat seseorang kehilangan janin atau kandungannya pada saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu.

Apa tujuan dilakukan pemeriksaan lab pasca kuret?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, bila Anda mengalami keguguran dan dokter sudah melakukan tindakan kuretase dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium lanjutan terkait jaringan yang telah dikuret dari rahim Anda. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah jaringan yang telah dikuret dan berasal dari rahim Anda tersebut murni hanya sisa jaringan yang tersisa dari janin atau ada tanda-tanda keganasan ataupun penyakit lain pada rahim Anda. 

Sehingga, bila suda dilakukan pemeriksaan tersebut dan Anda sudah mendapatkan hasilnya maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi terkait kondisi dan hasil dari pemeriksaan lab tersebut. 

Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan keluhan serupa di bawah ini

  • Kuret, apa saja efek samping dan komplikasinya?
  • bagaimana perawatan setelah kuret dan apa efek samping kuret?

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *