Sakit perut setelah minum obat, kenapa?

Sakit perut setelah minum obat, kenapa?
Sakit perut setelah minum obat, kenapa?

Dok, kmrin sy hbis brobat dn smlam sy mnum obat aman2 aja. Mlai tdi pgi setelah sy mnum obat perut saya nyeri sperti saat mag sy kmbuh dn sy cek di youtube penyebabnya krna obat antibiotik dn slah stu obat sy ad obat antibiotik Dok. Solusinya apa yah agar perut sya tdk sakit lagi Dok? Soalnya sampai skrg msih sakit walau hilang muncul. Apakah sy hrus mnum obat mag terlebih dahulu sebelum makan?


Selamat  pagi, 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sakit perut bsia terjadi karena beberapa kondisi, bisa disertai juga dengan keluhan mual demam, diare, muntah atau keluhan lainnya. Keluhan sakit perut setelah minum obat salah satunya juga bisa karena efek dari konsumsi obat tersebut.

Berikut ini penyebab sakit perut setelah minum obat:

  • Terjadi peningkatan asam lambung
  • Salah satu efek samping dari konsumsi obat tertentu
  • Iritasi 
  • Kram otot perut

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, kleuhan sakit perut ini bisa berkaitan dengan obat yang Anda konsumsi bisa juga tidak berkaitan dengan obat yang Anda konsumsi. Pada beberapa obat seperti obat pereda nyeri atau beberapa jenis antibiotik tertentu juga bisa mempunyai efek samping berupa rasa tidak nyaman di perut. Oleh sebab itu, biasanya obat-obat tersebut disarankan untuk dikonsumsi dalam kondisi perut sudah terisi atau dikonsumsi sesudah makan. Apabila dirasa keluhan ini cukup menggangu disertai mual, muntah, maka diperbolehkan konsumsi obat lambung.  Namun jika keluhan ini tidak menggangu, pastikan Anda konsumsi obat dari dokter sesudah makan atau dalam kondisi perut tidak kosong agar perut tidak sakit.

Sementara ini, usahakan makan teratur, makan dengan porsi kecil tapi lebih sering, lakukan istirahat cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung. Bila keluhan masih belum membaik, lakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan keluhan serupa di bawah ini

  • Sakit perut seelah minum obat pereda nyeri, kenapa?
  • Penyebab nyeri perut setelah minum obat, apakah maag?

 

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *