Luka bernanah pada pada bokong, apa yang sebaiknya dilakukan?

Luka bernanah pada pada bokong, apa yang sebaiknya dilakukan?
Luka bernanah pada pada bokong, apa yang sebaiknya dilakukan?

Ibu seorang penderita diabetes, jantung, paru paru dan sekarang ada luka bernanah pada pantat , saya ingin melakukan penyobekan agar nanahnya keluar


Selamat  sore, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Luka bernanah pada bokong bisa terjadi karena beberapa kondisi mulai dari abses, bisul, jerawat, kista aau karena penyebab lainnya. Keluhan ini harus ditangani dengan baik agar infeksi tidak semakin meluas. 

Luka bernanah pada bokong seseorang dengan diabetes dan penyakit lainnya

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika ibu Anda mengalami luka bernanah pada bokong dan saat ini ibu Anda ada penyakit diabetes, jantung dan paru maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis bedah terdekat untuk melakukan tindakan perawatan luka. Karena bila tidak dilakukan dengan benar dan seusai prosedur, seseorang dengan diabetes lebih rentan terjadi infeksi dan pelerbaran luka. 

Sementara ini, hindari menyentuh luka bila belum cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga kebersihan area luka, konsumsi makanan sehat bergizi, rutin melakukan pemeriksaan untuk penyakit diabetes, jantung dan parunya. Jika saat ini sering berbaring, gunakan kasur khusus agar tidak semakin banyak luka pada tubuh. Selain itu pastikan juga tetap menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar serta pastikan sirkulasi udara pada tempat tinggal tetap baik.

 

Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait dengan keluhan serupa di bawah ini

  • Bagaimana cara mengatasi luka diabetes yang menghitam?
  • Orang tua terkena diabetes, ada luka di paha yang sulit sembuh

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *