Testpack positif tanpa tanda hamil pada ibu menyusui, apa hamil?

Testpack positif tanpa tanda hamil pada ibu menyusui, apa hamil?
Testpack positif tanpa tanda hamil pada ibu menyusui, apa hamil?

Halo dok saya busui 7 bulan pasca melahirkan saya sudah pernah mendapatkan haid 2 kali. Lalu -+ 1bulan ini saya belum mendapatkan haid. Saat saya testpack hasilnya positif, tetapi saya tidak merasa adanya gejala hamil. Apakah menyusui dapat mempengaruhi hasil testpack tersebut dok?
Terimakasih dokter


Selamat pagi, C

Terima kasih atas pertanyaannya.

Testpack adalah alat pendeteksi kehamilan yang dilihat dari adanya hormon kehamilan di urin dengan tanda menunjukkan garis dua jelas di alat testpack.  Penggunaan testpack ini harus sesuai anjuran karena jika tidak sesuai dapat menunjukkan hasil negatif atau positif palsu.  

Jika testpack saat ini positif, anda dapat ulang testpack kembali jeda 10 hari dari hari ini.  Bila tetap positif maka kemungkinan besar anda sedang hamil.  Untuk kehamilan itu sendiri tidak selalu harus disertai tanda-tanda kehamilan.  Karena tanda kehamilan seperti mual, muntah, sakit kepala, kram perut merupakan tanda tidak pasti.  Yang merupakan tanda pasti kehamilan adalah dengan testpack positif dan USG   

Untuk menyusui tidak mempengaruhi hasil testpack karena testpack mendeteksi adanya hormon kehamilan yang tidak dipengaruhi oleh hormon saat menyusui.  Untuk itu, saat testpack ulang hasil positif atau berubah negatif dan masih tidak haid maka anda dapat lakukan pemeriksaan lanjutan di dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG rahim.  

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait kehamilan seperti berikut :

  • Test pack positif tanpa tanda kehamilan.
  • Apa penyebab testpack positif tapi tidak ada tanda kehamilan?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *