Cara untuk mengatasi serangan panik?

Cara untuk mengatasi serangan panik?
Cara untuk mengatasi serangan panik?

Bagaimana cara mengatasi panic attack?


Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Panic attack atau serangan panik adalah kondisi ketika seseorang merasa amat sangat ketakutan dan cemas.  Kondisi serangan panik akan disertai dengan jantung berdebar, merasa ingin pingsan, keringat dingin, mual, sakit dada, dan sebagainya.  Serangan panik umumnya akan berlangsung beberapa menit.  

Serangan panik ini dapat muncul ketika ada pemicu dimana ketika pemicu ini terkontrol maka serangan panik dapat dicegah atau ketika muncul tidak berdampak yang menganggu aktivitas. 

Cara mengatasi serangan panik :

  • Tarik napas dalam dan keluarkan perlahan dari mulut. 
  • Tenangkan diri bahwa serangan ini akan hilang dengan sendirinya. 
  • Fokus pada hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan. 
  • Jika berada di keramaian, cari tempat yang tenang dan sepi. 
  • Hindari makanan tinggi gula, minuman berkarbonasi, berkafein dan alkohol untuk mencegah serangan panik semakin bertambah.  

Ketika serangan panik ini sudah sering dialami dan semakin lama semakin membuat tidak nyaman dan ganggu aktivitas maka ada baiknya lakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater sehingga dapat dilakukan penanganan lanjutan agar serangan panik tidak berulang.  

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait serangan panik seperti berikut :

  • Serangan panik disebabkan apa?
  • Bagaimana mengatasi serangan panik?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *