Melakukan hubungan intim saat nifas, namun tidak melakukan penetrasi, apakah bisa hamil?

Melakukan hubungan intim saat nifas, namun tidak melakukan penetrasi, apakah bisa hamil?
Melakukan hubungan intim saat nifas, namun tidak melakukan penetrasi, apakah bisa hamil?

Permisi Dok.
Saya mau berkonsultasi
Dok jika setelah melahirkan 40hari berhubungan tapi belum KB tetapi wanita tersebut saat berhubungan menggunakan pembalut apakah bisa hamil dok?


Selamat sore, IP

Melakukan hubungan intim bisa menyebabkan kehamilan, terutama bila melakukan ejakulasi didalam, dan dilakukan pada masa subur. Tidak melakukan penetrasi saat berhubungan intim, masih memungkinkan untuk terjadinya kehamilan. Hal ini terjadi karena, cairan ejakulasi, atau pun pra-ejakulasi yang keluar dekat dengan vagina, tangan yang terkena cairan tersebut memegang vagina, dan menggesekkan penis, ke vagina.

Berhubungan intim saat masa nifas, apakah bisa hamil?

Pada ibu menyusui, hormon menyusui dapat mencegah ovulasi, sehingga memungkinkan untuk terjadi keterlambatan siklus haid. Namun, pada satu sisi, tidak dapat memprediksi kapan masa subur, dan kapan akan haid, sehingga rentan terjadi kehamilan. Bila anda tidak melakukan hal yang dapat menyebabkan kehamilan pada hubungan intim tanpa penetrasi, maka hal ini tidak menyebabkan kehamilan.

Apakah yang harus dilakukan?

Sebaiknya anda menunggu, bila tetap tidak haid setelah masa nifas, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah karena hamil, atau karena hal lain, seperti karena menyusui. Selain itu, sebaiknya jangan berhubungan intim saat masa nifas, karena berpotensi menyebabkan infeksi, gunakan kondom saat berhubungan intim, dan tetap menjalani pola hidup sehat.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan hubungan intim :

  • Bolehkah berhubungan intim saat masa nifas?
  • Berhubungan intim saat masa nifas, apakah berbahaya?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *