Kemerahan yang nyeri pada kulit, apa solusinya?

Kemerahan yang nyeri pada kulit, apa solusinya?
Kemerahan yang nyeri pada kulit, apa solusinya?

Halo dok, saya remaja usia 16 tahun. Saya punya banyak bintik hitam di hidung, Dan sudah mencoba sabun cuci muka. Akhir akhir ini saya baru beli sabun cuci muka, Dan akhir akhir ini muka saya memerah di bagian samping Dan bawah bibir serta sedikit nyeri. Apa yang harus Daya lakukan dok? Terimakasih


Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada kulit ketika timbul kemerahan yang sakit dapat menjadi tanda adanya gangguan kulit.  Gangguan ini dapat berupa suatu alergi hingga adanya penyakit tertentu yang menyerang kulit. 

Penyebab kemerahan dan sakit pada wajah :

  • Reaksi alergi. 
  • Iritasi kulit. 
  • Infeksi pada wajah. 
  • Paparan sinar matahari. 

Apabila keluhan kemerahan di kulit yang sakit ini terjadi sesaat setelah baru menggunakan sabun cuci muka maka ada kemungkinan terjadi iritasi pada kulit.  Anda dapat coba untuk mengurangi pemakaian atau hentikan dulu sementara, jika kondisi kemerahan membaik berarti sabun cuci muka tersebu tidak sesuai untuk anda.  

Sementara ini untuk mengurangi kemerahannya juga dapat menggunakan pelembab yang menenangkan misal ada kandungan aloe vera, perbanyak air putih, kompres dengan handuk dingin, hindari dulu skincare dengan kandungan zat aktif, dan tetap selalu menggunakan sunscreen. 

Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit apabila sudah menghentikan produk, kemerahan tetap terjadi atau bertambah menjadi mengelupas atau bernanah. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait kemerahan di kulit seperti berikut :

  • Apa penyebab kulit kemerahan?
  • Penyebab ruam merah di kulit 

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *