Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran di apotik untuk anak

Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran di apotik untuk anak
Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran di apotik untuk anak

dok, saya mau tanya apakan ada obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran di apotik? soalnya, anak saya susah sekali kalay mau dibersihkan telinganya


Selamat siang V 

Terima kasih atas pertanyaannya 

Kotoran telinga berasal dari kelenjar keringat, kelenjar minyak dan sel kulit mati dan biasanya akan keluar sendiri dengan melakukan gerakan mengunyah, menelan dan berbicara. Serumen prop merupakan kotoran telinga yang mengeras, menggumpal dan menyumbat saluran telinga. Serumen prop dapat terjadi penggunaan cotton bud, menggunakan alat bantu dengar, adanya benda asing dalam telinga, saluran telinga sempit dan lainnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan kotoran telinga adalah dengan penggunaan obat tetes telinga. 

Obat tetes telinga anak

Salah satu tindakan membersihkan kotoran telinga yang dapat dilakukan pada anak adalah dengan menggunakan obat tetes pelunak serumen telinga dengan kandungan gliserin, natrium dokusat, hidrogen peroksida, larutan saline, dan acetic acid. Kandungan bahan tersebut dalam obat tetes telinga dapat membuat kotoran telinga yang mengeras menjadi lunak dan lebih mudah saat dikeluarkan. 

Tips membersihkan telinga anak

Tips membersihkan telinga anak yaitu

  • Menggunakan obat tetes pelunak serumen 
  • Bersihkan bagian luar atau liang telinga dengan kain basah atau cotton bud 
  • Irigasi telinga dengan alat irigator dan air steril 

Apabila setelah melakukan beberapa cara di atas namun kotoran telinga masih sulit dibersihkan atau disertai dengan keluhan rasa nyeri dan gatal pada telinga dan gangguan pendengaran pada anak, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis THT agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Anda juga dapat membaca forum kami yang berkaitan dengan kotoran telinga di :

  • Kotoran telinga masuk terlalu jauh, harus bagaimana?
  • Cara membersihkan telinga bagaimana?

Semoga bermanfaat 

Salam sehat, 

dr. Vera 

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *