Nanah pada kulit kaki, kenapa?

Nanah pada kulit kaki, kenapa?
Nanah pada kulit kaki, kenapa?

halo dok, beberapa bulan lalu kaki saya gatal dan kulitnya agak ngelupas, mungkin karna lembab dari basahnya kaos kaki atau dll. Minggu lalu kaki saya muncul buletan putih kecil yg kemungkinan itu nanah dan lama2 menyebar, munculnya di sela2 jari kaki di sebelah kanan dan kemarin muncul lagi di sebelah kiri kaki tapi masih kecil blm menyebar. Saya mau tanya itu kenapa ya? apa hanya lembab karna kutu air atau penyakit lain?


Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nanah adalah kondisi ketika keluarnya cairan keputihan dari kulit disertai dengan awalnya berupa benjolan.  Nanah ini dapat disertai dengan kemerahan, nyeri, bengkak, serta ada rasanya gatal. 

Penyebab muncul nanah pada kaki :

  • Infeksi luka terbuka akibat luka yang tidak tertangani dengan baik. 
  • Infeksi jamur yang sudah lama. 
  • Bisul. 

Jika sebelumnya ada rasa gatal dan kulit mengelupas maka kemungkinan sudah ada iritasi atau infeksi kulit.  Lalu mungkin juga terjadi garukan sehingga menimbulkan luka pada kulit.  Ketika kondisi luka ini tidak ditangani dan kulit kaki sering lembab maka dapat berdampak pada timbulnya infeksi.  

Untuk lebih memastikan pemicu nanah di kulit kaki, anda dapat lakukan pemeriksaan ke puskesmas atau dokter terdekat guna penanganan lanjutan. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait nanah kulit seperti berikut :

  • penyebab bentol bernanah.
  • Benjolan bernanah apa obatnya?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *