Apakah wajar keluar darah setelah nifas berhenti?

Apakah wajar keluar darah setelah nifas berhenti?
Apakah wajar keluar darah setelah nifas berhenti?

Dok saya lahiran normal sekitar tanggal 29 November tanpa ada robekan tanpa jahitan saya lahiran prematur di usia kandungan 6 bulan 2 Minggu anak saya kembar lalu meninggal di hari dan tanggal yang sama pada malam hari nya dan darah nifas saya berhenti 10 hari sesudah lahiran lalu kemarin sekitar tanggal 1 Januari saya kembali mengeluar kan darah sedikit deras apa itu wajar dok?


Selamat pagi, Y

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah melahirkan, umumnya wanita akan mengalami pengeluaran sisa kehamilan sebelumnya yang sering disebut sebagai masa nifas.  Masa nifas dapat berjalan dari mulai semingguan hingga sampai 8 minggu dimana waktu ini dapat berbeda-beda tiap wanita bergantung hormonal pasca melahirkan.  

Terkait yang anda tanyakan, jika memang sudah selesai masa nifas dan belum berhubungan intim kembali lalu jeda beberapa hari keluar darah deras maka ada kemungkinan darah ini merupakan kembalinya siklus haid pertama setelah melahirkan. 

Saat ini anda dapat pantau perdarahan yang keluar, jaga kebersihan kelamin lalu jika lebih dari 7 hari maka anda dapat lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan pengecekan pada rahim.   

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait darah setelah nifas seperti berikut :

  • Keluar darah setelah masa nifas, apakah penyebabnya?
  • Selesai nifas, keluar darah setelah berhubungan, kenapa?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *