Luka pasca operasi laparotomi bernanah

Luka pasca operasi laparotomi bernanah
Luka pasca operasi laparotomi bernanah

Dok kan saya abis operasi kista trus luka bekas operasinya lurus dari bawah pusar kebawah, lalu lukanya rembes terus dari sejak di RS trus sampai rumah lukanya keluar cairan seperti nanah dan berlubang kenapa sama dokter tiap kontrol malah luka saya di lubangi lagi sampe luka lagi dan dikasih perban yg di tetes rivanol dan perban di larang ganti sampai kontrol lagi dri hari senin ke kamis??


Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Laparotomi merupakan jenis operasi dengan cara membuat irisan di daerah perut.  Pasca dilakukannya operasi ini memerlukan perawatan luka yang sesuai guna mencegah timbulnya komplikasi berupa infeksi pada luka operasi.  

Tanda infeksi pada luka operasi :

  • Luka basah, berair. 
  • Luka bernanah, berdarah. 
  • Timbul bengkak dan terasa nyeri. 

Lalu ketika dokter sudah melakukan perawatan pada luka operasi tersebut seperti yang anda maksud maka kemungkinan hal tersebut dilakukan untuk membersihkan luka sampai kedalam agar benar-benar bersih sehingga mencegah infeksi berulang pasca operasi.  

Tetap jaga kebersihan kulit di sekitar luka operasi, ikuti anjuran dokter terkait perawatan luka infeksi, konsumsi makanan tinggi protein untuk mempercepat proses penyembuhan luka, kontrol rutin. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait luka operasi seperti berikut :

  • Cara mengobati luka bekas operasi yang terinfeksi.
  • Bagaimana cara mengatasi luka terbuka yang infeksi?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *