Tangan bengkak pada septic arthritis, apakah karena efek samping obat?

Tangan bengkak pada septic arthritis, apakah karena efek samping obat?
Tangan bengkak pada septic arthritis, apakah karena efek samping obat?

Halo dok, saya mengalami sakit di sekitar jempol kiri. Kemudian saya didiagnosis septic arthritis dan diberi 3 jenis antibiotik. Keesokan malamnya hingga saat ini sakit sedikit berkurang, namun tangan menjadi bengkak/membesar dibanding tangan yang lain. Apakah pembengkakan ini hal serius dan butuh penanganan, atau saya cukup lanjutkan konsumsi obat dan konsultasi kembali sesuai jadwal pada hari akhir minggu?


Selamat malam, T

Septic Arthritis adalah peradangan pada sendi yang disebabkan oleh adanya infeksi, baik bakteri, atau pun virus. Septic Arthritis menimbulkan beberapa gejala, seperti nyeri sendi, terutama pada saat menggerakkan sendi, bengkak pada sendi, sendi yang bengkak berwarna kemerahan, dan terasa panas bila disentuh, demam, dan yang lainnya.

Sendi semakin membengkak setelah minum obat, apakah harus terus minum obat?

Sendi yang membengkak adalah salah satu gejala dari Septic Arthritis, sehingga bila sendi membengkak setelah minum obat, kemungkinan masih terjadi proses peradangan pada sndi tersebut. Sebaiknya, tetap konsumsi obat yang sudah diresepkan. Selain itu, sebiaknya, kompres dingin sendi yang sakit, gunakan perban elastis untk membalut sendi yang bengkak, dan nyeri, namun jangan terlalu kencang, istirahatkan sendi yang sakit, dan lakukan kontrol ke dokter ortopedi bila dalam 3 hari, tidak terjadi perubahan.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan radang sendi :

  • Apa saja penyakit radang sendi itu?
  • Apakah penyebab radang sendi pada lansia?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *