Berhubungan badan di masa subur dengan kondom apakah bisa hamil?

Berhubungan badan di masa subur dengan kondom apakah bisa hamil?
Berhubungan badan di masa subur dengan kondom apakah bisa hamil?

siklus mens saya tadinya 30 hari di bulan september-oktober. namun berubah ketika mens dibulan november menjadi 34 hari. mens terakhir saya tgl 1 desember 2022 (hitungannya mens dibulan november). saya hs di tgl 18-19 des yg merupakan masa subur saya namun menggunakan kondom dan penis masturbasi sehingga sperma keluar diluar dan di lap dgn tissue jauh sekali dgn vagina. perkiraan saya mens kembali tgl 4 januari 2023, kondisi tsb apakah memperlambat mens, jika terjadi kehamilan brp presentasenya?


Selamat Malam N
 
Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.
 
Siklus Menstruasi normal pada wanita dewasa bervariasi namun berada pada rangen 21  – 35 hari dengan rata – rata siklus mensturasi 28 hari. Dari perhitungan siklus diatas yaitu 34 hari, maka hal tersebut masih termasuk normal. Kondisi menstruasi memanjang dengan siklus lebih dari 35 hari disebut dengan oligomenorea.
 
Berhubungan badan di masa subur dapat memperbesar terjadinya peluang kehamilan. Pada penggunaan kondom, sperma dikeluarkan didalam kondom sehingga dipercaya dapat mencegah kehamilan. Namun pada beberapa kasus kondom dapat bocor sehingga bisa menimbulkan peluang terjadinya kehamilan. Pada kasus diatas, jika dipastikan kondom tidak bocor, dan penis sudah menggunakan kondom sejak awal masuk ke vagina, maka kehamilan presentasenya kecil dibawah 2  persen, mengingat efektivitas kontrasepsi kondom dalam mencegah kehamilan diklaim sekitar 98 persen. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan dirumah :

  • Gunakan alat kontrasepsi lainnya yang lebih efektif jika berencana ingin menunda momongan (kontrasepsi hormonal atau spiral)
  • Hindari berhubungan seksual jika pasangan terdapat keluhan pada alat genital
  • Jaga kebersihan organ intim baik itu setelah atau sebelum berhubungan
  • Gunakan celana yang nyaman dan tidak ketat.

Saat ini diharapkan menunggu sampai datangnya menstruasi. Namun jika menstruasi tidak terjadi hingga melewati satu siklus haid normal, maka disarankan untuk melakukan testpack menggunakan urine dipagi hari, dan segera memeriksakan diri ke Dokter kandungan terdekat untuk konfirmasi lebih lanjut.

Anda bisa membaca beberapa forum kami dibawah ini yang berkaitan dengan kata kunci seperti “terlambat haid”  :
  • Penyebab terlambat menstruasi mengapa
  • Terlambat menstruasi 2 bulan kenapa
Semoga bermanfaat
Salam sehat
 
dr. Liliani

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *