Sakit perut pasca operasi, perut terasa sakit dan melilit

Sakit perut pasca operasi, perut terasa sakit dan melilit
Sakit perut pasca operasi, perut terasa sakit dan melilit

Malem dok, saya habis operasi pas tanggal27 an dan perut nya masih ada perban, wajar ngga si dok paska operasi perut sakit trus dan sangat melilit perut keroncong gtu dong perut nya jadi mau buang angin pasti bgitu dulu


Selamat Sore R
 
Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ
 
Perut adalah organ yang memiliki jaringan lemak dan juga lapisan otot yang tebal. Itu sebabnya pada operasi didaerah perut, maka sayatan dapat berlapis lapis hingga organ dalam perut terlihat. Ketika selesai operasi, maka bekas sayatan tersebut memerlukan waktu dalam penyembuha luka.
 
Saat ini kemungkinan nyeri yang dirasakan masih bagian dalam proses penyembuhan ya .Karena proses penyembuhan dari luka itu sendiri terdiri dari beberapa tahap, dimana membutuhkan waktu yang bervariasi hingga luka sembuh sempurna.
 
Untuk keluhan lain berupa perut keroncongan, melilit dan terasa ingin buang angin, maka kemungkinan bisa disebabkan reaksi usus pasca operasi, dan juga bisa pengaruh dari konsumsi obat yang diberikan pasca operasi berupa antibiotik dan anti nyeri. Pada beberapa jenis antibiotik dan juga anti nyeri, bisa memiliki efek kenaikan gas lambung, sehingga bisa menimbulkan gejala seperti perut kembung, banyak gas, nyeri perut dan lain – lain. Jika rasa nyeri masih terasa di luka bekas operasi di permukaan kulit, maka bisa diperhatikan apakah ada tanda – tanda infeksi pada luka.
 

Beberapa tanda tanda infeksi pada luka operasi :

  • Keluar cairan pada luka
  • Luka bernanah
  • Terlihat merah dan bisa keluar darah
  • Luka masih terbuka dan terlihat basah 
  • Permukaan kulit disekitar merah dan teraba hangat
  • Demam
  • Nyeri pada luka dan daerah sekitar luka
 
Jika keluhan diatas disertai dengan tanda-tanda luka infeksi seperti diatas, maka sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter Bedah terdekat ya, yang melakukan tindakan operasi sehingga bisa diperiksa lebih lanjut.
 
Saat ini disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein dan juga multivitamin terutama yang mengandung VIt C dan vit E agar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, istirahat yang cukup, luka tidak boleh kena air hingga diperbolehkan oleh dokter, dan juga konsumsi air putih yang cukup untuk menjaga hindrasi kulit.
 
Anda juga dapat membaca beberapa forum yang terkait dengan judul :
  • Luka bekas operasi sakit apa penyebabnya?
  • Keluar nanah pada luka bekas operasi
 
Semoga bermanfaat
Salam sehat
 
dr. Liliani
 

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *