Apakah suntik KB dilanjut saat belum haid?

Apakah suntik KB dilanjut saat belum haid?
Apakah suntik KB dilanjut saat belum haid?

Dok saya mau tanya
Saya sudah 7 bulan memakai suntik KB 1 bulan
Dan bulan bulan sebelumnya haid masih tepat waktu dan sekarang ,sudah hampir tanggal suntik ke 8 tapi saya belum haid apakah bisa langsung di lanjut suntiknya dok?


Selamat malam, N

Terima kasih atas pertanyaannya.

Suntik KB memiliki jenis yang dibedakan menurut kandungan hormon yang ada didalamya.  Ada yang kombinasi hormon estrogen dan progestin ataupun hanya progestin saja.  Efektivitas suntik KB ini dipengaruhi oleh kedisiplinan dalam jadwal suntik.  

Jadi apabila sudah waktunya suntik KB dan belum haid maka suntik tetap dilanjutkan.  Semisal suntik KB nantinya tidak saat haid maka anda dapat menggunakan kontrasepsi ganda seperti kondom atau menunda aktivitas seksual 7 hari pertama setelah suntik.  Hal ini untuk memberikan waktu KB bekerja kembali setelah suntik ulang. 

Lalu untuk siklus haid itu sendiri, penggunaan KB suntik juga dapat mempengaruhi karena kandungan hormonal pada KB suntik.  Sehingga cukup umum ibu yang menggunakan suntik KB, siklus haidnya menjadi tidak teratur.  Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan apabila anda tidak haid lebih dari 3 bulan berturut.  

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait suntik KB seperti berikut :

  • Suntik kb 1 bulan tapi belum haid.
  • Apakah harus suntik KB 1 bulan pada jawalnya, bila saat itu tidak haid?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *