Flek coklat setelah menstruasi, kenapa?

Flek coklat setelah menstruasi, kenapa?
Flek coklat setelah menstruasi, kenapa?

dok, saya melakukan petting pada tanggal 14 Desember 2022 dengan pacar saya, setelah 3 hari pentting pada tanggal 17 saya menstruasi selama 7 hari. lalu seminggu setelah menstruasi pada tanggal 31 Desember kemaren di Miss V saya ada keluar bercak flek warna Coklat, itu kenapa ya dok,? apakah tanda kehamilan, kalau tanda kehamilan itu tidak mungkin karna saya setelah melakukan petting lalu menstruasi, dan hari ini keadaanya berbeda lagi dok, darah itu keluar berwarna merah kehitaman kental.


Selamat malam, P

Terima kasih atas pertanyaannya.

Flek coklat di luar siklus menstruasi dapat muncul karena faktor hormonal ataupun adanya gangguan di organ reproduksi.  Flek darah ini dapat berwarna mulai dari merah muda hingga coklat kehitaman. 

Penyebab flek coklat setelah menstruasi :

  • Sisa darah menstruasi. 
  • Tanda ovulasi. 
  • Flek kehamilan. 
  • Efek samping KB hormonal. 
  • Gangguan di rahim. 

Bila memang setelah menstruasi tidak ada lagi aktivitas seksual kembali maka kemungkinan flek dapat berupa sisa darah menstruasi ataupun tanda ovulasi.  Anda dapat pantau flek darah yang muncul.  Apabila flek lebih dari 7 hari tidak berhenti maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk penanganan lanjutan.  

Saat belum merencanakan kehamilan maka anda dapat menunda aktivitas seksual terlebih dahulu guna mencegah adanya kehamilan tak terencana serta penularan penyakit seksual.  

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait flek coklat seperti berikut :

  • Flek coklat apakah flek haid atau flek hamil?
  • Flek coklat apa berbahaya?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *