Puting payudara sering merinding apakah berbahaya?

Puting payudara sering merinding apakah berbahaya?
Puting payudara sering merinding apakah berbahaya?

Halo dok maaf saya kembali bertanya, saya berumur 15 tahun Puting Payudara saya kadang kembung atau gimana ya dok? Setiap kena hawa dingin puting saya datar/normal tetapi gak lama seperti kembung mohon jawaban dari dokter apa ini wajar terimaksih sebelumnya.


Selamat Siang F

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Puting payudara adalah salah satu organ pada tubuh yang berada ditengah payudara yang terdiri dari jaringan ikat dan ligamen. Puting payudara sendiri mengandung kelenjar Montgomery atau kelenjar areola yang berfungsi melindungi daerah puting agar tidak mudah lecet. Biasanya diatas kelenjar tersebut juga timbul bulu bulu halus yang dapat bereaksi seperti merinding atau berdiri saat terpapar udara dingin atau perubahan suhu secara tiba tiba. Sama halnya dengan saat mengalami buku kuduk merinding ketika terpapar udara dingin, puting payudara pun dapat berespon yang sama.

Untuk hal ini tidak masalah ya, dan merupakan hal yang normal dan tidak perlu khawatir selama tidak ada gangguan diarea sekitar payudara.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai jika pada daerah puting :

  • Mengeluarkan darah
  • Mengeluarkan cairan berbau
  • Puting dan payudara bengkak dan kemerahan
  • Puting payudara nyeri dan terbenam kedalam

Jika terjadi hal tersebut maka bisa memeriksakan diir Ke Dokter Spesialis Bedah terdekat untuk diperiksa lebih lanjut kondisi payudaranya, apakah terdapat benjolan atau tidak. Benjolan pada payudara biasanya terjadi pada perempuan, namun pada laki laki benjolan biasanya berhubungan dengan trauma atau cedera pada payudara yang terjadi sebelumnya.

Pastikan istirahat cukup minimal 8 jam per hari, Konsumsi makanan dengan zat gizi seimbang,  dan minum air putih minimal 2liter per hari ya untuk mejaga kesehatan tubuh.

Anda juga dapat membaca beberapa forum yang terkait dengan kata kunci dibawah ini :

  • Bintil kecil di payudara apa sebabnya?
  • Nyeri di puting apa sebabnya?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Liliani

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *