Apa efek samping obat herbal habspro jika tidak minum sesuai dosis?

Apa efek samping obat herbal habspro jika tidak minum sesuai dosis?
Apa efek samping obat herbal habspro jika tidak minum sesuai dosis?

Dok saya kan minum obat herbal habspro itu udah habis 50 kapsul tapi dgn cara aturan minum 2 kapsul 3X.nah trus ini kenapa ya dok kok saya lumayan susah buang air besar dan nafsu makannya banyak. Jadi dampaknya apa saja ketika minum obat tersebut melebihi dosis seperti yg saya minum ini? Karena kan harusnya 2 kapsul 2X sehari tp saya malah 2 kapsul 3X sehari


Selamat Pagi DS

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Obat herbal adalah obat yang sudah digunakan secara luas di kalangan masyarakat Indonesia. Habspro sendiri  adalah obat herbal dimana komposisinya mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak habbatussauda, bee polen dan propolis. Habspro sendiri diklaim dapat digunakan untuk membantu menangkal radikal bebas, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu membersihkan racun dari tubuh.

Dalam pemilihan obat herbal seperti pil, kapsul, atau jamu kemasan maka penting untuk selalu mengecek kemasannya. Hal -hal yang perlu diperhatikan adalah, ada tidaknya nomor BPOM dan kita wajib mengecek di website BPOM RI, karena banyak laporan di kalangan masyarakat, bahwa nomor BPOM kadang dipalsukan oleh oknum oknum tertentu, dan biasanya didalam obat herbal yang belum jelas izin edarnya ditemukan kandungan zat aktif obat yang dapat merugikan pengguna jika dikonsumsi terus menerus. Kemudian yang harus diperhatikan lagi adalah, tanggal expired pada kemasan dan pastikan obat yang dikonsumsi belum melewati tanggal tersebut.

Obat herbal walaupun berisi ekstrak tanaman , maka tetap harus dikonsumsi sesuai dosis pada kemasan, untuk menghindari efek samping seperti alergi yang dapat terjadi.

Sejauh ini belum ada laporan dari efek samping obat Habspro. Namun karena anda sudah mengkonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan dan saat ini merasakan gejala pada tubuh anda, sebaiknya menghentikan dulu konsumsi obat tersebut ya. Jika kondisi tubuh kembali normal, maka kemungkinan yang dirasakan saat ini adalah efek samping dari penggunaan Habspro yang melebihi dosis. Sebagai penanganan sembelit, anda dapat melakukan hal – hal dibawah ini.

Beberapa tips untuk mencegah sembelit :

  • Konsumsi air putih yang cukup (minimal 2 liter per hari)
  • Hindari konsumsi makanan yang sering menimbulkan sembelit seperti tepung (roti, donut, kue, biskuit dll)
  • Hindari mengkonsumsi terlalu banyak susu formula, dan ganti dengan susu segar
  • Konsumsi buah buahan seperti buah naga dan pepaya (hindari konsumsi buah pisang yang belum matang karena dapat memperparah sembelit)
  • Konsumsi probiotik untuk usus
  • Rajin berolahraga

Saran saya anda dapat mencoba tips diatas sambil menghentikan dulu konsumsi obat herbal tersebut. Namun jika kondisi sembelit dan kenaikan nafsu makan tidak menghilang setelah menjalani cara diatas dan sudah menghentikan konsumsi obatnya, maka sebaiknya segera memeriksakan diir ke Dokter spesialis penyakit dalam terdekat, agar diperiksa lebih lanjut.

Pastikan istirahat cukup minimal 8 jam per hari, Konsumsi makanan dengan zat gizi seimbang, hindari konsumsi makanan cepat saji, rutin berolahraga minimal 2x per minggu, dan minum air putih minimal 2liter per hari ya.

Anda juga dapat membaca beberapa forum yang terkait dengan kata kunci dibawah ini :

  • Amankah obat herbal?
  • Efek samping obat herbal?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Liliani

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *