Apakah wajar baru nikah sudah hamil?

Apakah wajar baru nikah sudah hamil?
Apakah wajar baru nikah sudah hamil?

Hallo dok, saya mau nanya apakah wajar jika saya hamil tapi usia pernikahanku belum 1bulan. Nikah tgl 23 oktober dan di tgl 1november saya datang bulan. Dan sekarang tgl 17november positif hamil dok?


Selamat sore, F

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kehamilan dapat terjadi selama ada aktivitas seksual yang dilakukan tanpa adanya pengaman.  Proses kehamilan dari mulai sperma menembus sel telur tidak ada yang dapat prediksi waktu tepatnya namun biasanya dalam waktu 2 minggu setelah hubungan sudah muncul hormon kehamlan.  Hormon kehamilan inilah yang akan terdeteksi pada pemeriksaan kehamilan sejenis testpack yang menimbulkan garis dua jelas yang artinya positif.  

Jadi ketika hubungan intim dilakukan setelah haid selesai dan tepat saat masa subur anda maka wajar jika saat ini sudah hamil.  Perhitungan usia kehamilan juga berdasarkan awal haid bukan berdasarkan kapan hubungan intimnya sehingga kalaupun ada yang belum 1 bulan menikah tetapi usia kehamilan sudah 3-4 minggu itu merupakan suatu hal yang normal. 

Anda dapat memperkirakan usia kehamilan saat ini untuk evaluasi perkembangan janin dan lakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan saat lewat dari 7 minggu untuk pengecekan kantung kehamilan dan bakal janin. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait kehamilan seperti berikut :

  • nikah baru sebulan hamil 5minggu, apakah bisa?
  • Kehamilan dapat terjadi sebelum 1 bulan pernikahan?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *