Minum pil KB setelah berhubungan lalu telat haid, kenapa?

Minum pil KB setelah berhubungan lalu telat haid, kenapa?
Minum pil KB setelah berhubungan lalu telat haid, kenapa?

Dok saya berhubungan di hari Senin lalu Selasa pagi nya saya minum pill KB sebelumnya TDK pernah minum dan selalu haid,setelah d tunggu sampai hari saya haid sekitar tanggal belasan tapi saya tidak kunjung haid dan telat 1 mingguan tapi setelah cek pakai testpack sampai 2x hasil ttp negatif.itu knpa ya dok dan supaya haid lagi gmna ya?


Selamat siang, M

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mulainya haid dapat memiliki tanggal yang berbeda-beda tergantung hormon.  Kadang dapat maju atau mundur selama masih di rentang 21-35 hari sekali maka dikatakan normal.  Telat haid itu sendiri terjadi saat lewat 35 hari dari awal haid sebelumnya belum kunjung haid. 

Penyebab telat haid :

  • Kehamilan. 
  • Menyusui. 
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Stres dan cemas. 
  • Kegemukan. 
  • Gangguan di rahim. 

Jika pil KB yang anda minum adalah pil KB reguler maka kemungkinan tidak efektif digunakan karena harus dikonsumsi teratur sebelum ada aktivitas seksual dan dapat meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Tetapi jika yang dikonsumsi adalah pil KB darurat maka ada kemungkinan telat haid anda akibat faktor penggunaan pil KB tersebut.  

Untuk memastikan kerja pil KB dalam mencegah kehamilan, anda dapat lakukan testpack ulang jeda 10 hari dari hari ini atau bisa langsung periksa ke dokter spesialis kandungan guna dilakukan USG rahim.  Sementara ini bisa tunda aktivitas seksual, banyak air putih, kelola stres dan cemas, istirahat cukup, hindari begadang, makan bergizi, jaga berat badan ideal, dan olahraga teratur untuk menjaga siklus haid tetap lancar. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait telat haid seperti berikut :

  • Telat haid setelah minum pil KB, apakah hamil.
  • Apakah telat haid karena efek pil KB?

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *