Kapan bisa hamil lagi setelah lepas kb 3 bulan?

Kapan bisa hamil lagi setelah lepas kb 3 bulan?
Kapan bisa hamil lagi setelah lepas kb 3 bulan?

Assalamualaikum dok saya mau tanya sesudah KB 3 bln HBS,dlm jangka berapa lama bisa kmbli masa suburnya,,soalnya d masa KB 3 bln ,bln pertama d k 2 mengalami plek slma 10 hari,,tp skrng sesudah HBS tidak SMA sekali,,tp payudara terasa sakit,,d perut trs kmbung


Selamat siang, A

Terimakasih sudah memberikan pertanyaan

Waalaikumsalam

Menggunakan kb suntik 3 bulan sebagai alat kontrasepsi hormonal, bisa saja menyebabkan adanya efeksamping yang muncul karena pengaruh hormon yang disuntikkan. Efek samping yang terjadi memang berbeda beda pada tiap orang. Efek samping kb suntik 3 bulan mulai dari nyeri kepala hingga adanya gangguan siklus haid dan kesuburan.

Efek samping kb suntik 3 bulan:

  • Pusing dan nyeri kepala
  • Mual muntah
  • Haid tidak teratur
  • Nyeri payudara
  • Flek diluar siklus haid
  • Berjerawat dan kulit lebih berminyak

Terkait pertanyaan Anda, setelah menggunakan kb suntik 3 bulan terjadi flek terus menerus, payudarai sakit dan kembung yang memang merupakan beberapa efek samping kb suntik.

Salah satu efek samping penggunaan kb suntik 3 bulan adalah, gangguan siklus haid yang akan berpengaruh pada ovulasi dan kesuburan. Rata-rata kesuburan akan kembali berkisar 3-6 bulan pasca lepas kb suntik 3 bulan. untuk mempercepat kembalinya kesuburan dan meringankan efek samping kb suntik 3 bulan, jaga kesehatan organ intim dan jaga pola hidup sehat. Seperti konsumsi makanan bergizi, hindari cepat saji, minum air putih 2 liter perhari, olahraga rutin, dan perikasakan ke dokter spesialis kandungan jika masih terdapat flek berlanjut, atau keluhan lainnya terkait organ reproduksi wanita.

Anda juga dapat membaca beberapa forum terkait kb suntik 3 bulan:

  • Apakah bisa hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan?
  • Suntik KB 3 bulan

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr.Sarah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *