Rutin konsumsi postpil, bahaya kah ?

Rutin konsumsi postpil, bahaya kah ?
Rutin konsumsi postpil, bahaya kah ?

Dok sya berhubungan dgn pasangan sya, setelah berhubungan pasngan sy minum obat postpill,haid ny pd tgl 8 sptmbr stlah minum obat postpill haid lg tgl 23 sptmbr, pd tgl 8 oktbr msh blm haid jg, mlah sdh tlat smpai 4 hr, tgl 12 oktbr ny sy jg berhubungan lg dgn pasangan sy, tgl13 ny pasangan sy minum obat postpill lagi, dr tgl 8 oktbr smpai skrg pasangan sy blm haid lg sdh telat 12 hri, supaya cepat haid lagi harus bagaimana ya dok


Selamat siang, GS

Terima kasih sudah bertanya.

Mengalami adanya haid menjadi tidak teratur setelah konsumsi postpill atau kb darurat akan membuat penderitanya merasa khawatir. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi haid menjadi tidak teratur. Namun pada kasus ini, haid tidak teratur disebabkan karena efek samping dari penggunaan postpil tersebut.

Berikut beberapa efek samping postpil :

  • Haid menjadi tidak teratur
  • Terjadinya perdarahan diluar siklus haid
  • Perut terasa nyeri dan kram
  • Mual muntah
  • Sakit kepala
  • Gangguan nafsu makan

Postpil merupakan suatu kb darurat yang dikonsumsi bila dalam keadaan darurat saja. Misalnya karena kondom bocor, lupa minum pil kb atau suntik kb, terjadinya perkosaan dll. Tidak dianjurkan obat ini untuk dikonsumsi rutin karena akan berefek buruk pada penggunanya. Bila haid masih belum terjadi, dianjurkan untuk memeriksakan kondisinya dengan dokter spesialis kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut forum yang bisa di baca terkait keluhan serupa :

  • Sehabis minum postpil menstruasi jadi tidak lancar kenapa ya?
  • Apa efek samping penggunan postpil?

Salam sehat,

dr. Rafsan

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *