Sesak Nafas (Asma), apakah boleh menggunakan nebulizer setiap hari?

Sesak Nafas (Asma), apakah boleh menggunakan nebulizer setiap hari?
Sesak Nafas (Asma), apakah boleh menggunakan nebulizer setiap hari?

Mau nanya dok. Istri saya mengidap asma yg sering kambuh belakangan ini. Lalu saya membeli alat nebulizer utk drmh. Pertanyaan saya apakah aman menggunakan alat itu hampir tiap hari pada saat asma terjadi & apakah ada dampak yg ditimbulkan dlm penggunaan berlebihan..??


Selamat malam, IE

Asma adalah sesak nafas yang disebabkan oleh penyempitan saluran nafas, produksi lendir yang berlebihan, dan pembengkakan pada saluran nafas. Asme sendiri dapat dipicu oleh bebrbagai hal, seperti debu, dingin, asap rokok, makanan tertentu, infeksi saluran nafas, dan beberapa kondisi lainnya.

Bagaimana mengatasi asma?

Salah satu cara untuk mengtasi asma adalah dengan melakukan nebulizer, atau obat yang berbentuk cairan akan diubah menjadi uap dengan alat, kemudian dihirup. Obat yang digunakan ada beberapa jenis, seperti yang berisi salbultamol, dan yang lainnya. Efek samping dan apakah baik emnggunakannya setiap hari, tergantung dengan obat yang digunakan saat nebulizer. 

Sebaiknya istiri anda berkonsultasi dengan dokter spesialis paru, untuk dilakukan pemeriksaan, dan penanganan lebih lanjut, seperti pemberian obat semprot asma yang digunakan sehari-hari, hingga obat minum. Selain itu, sebaiknya istiri anda melakukan beberapa hal untuk membantu mengatasi asma, seperti :

  • Hindari pencetus sesak, pada setiap individu biasanya akan berbeda oencetus asma, namun umumnya debu, asap rokok, asap kendaraan, bau zat yang menyengat, seperti cat, dingin, dan yang lainnya,
  • Menjaga kebersihan lingkungan, sebaiknya hindari dari debu,
  • Gunakan masker saat diluar rumah,
  • Cukup istirahat,
  • Rutin berolahraga,
  • Mengelola stress, dan emosi.

Anda juga bisa membaca forum terkait dengan asma :

  • Apa penyebab dan gejala asma?
  • Apa gejala asma?

Semoga membantu.

Salam sehat,

dr. Lizsa

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *