Haid 3 kali sebulan, apa normal pada usia 17 tahun?

Haid 3 kali sebulan, apa normal pada usia 17 tahun?
Haid 3 kali sebulan, apa normal pada usia 17 tahun?

Dok, mau bertanya kenapa saya haid sebulan haid 3x. Awal saya haid tanggal 1 hingga tanggal 5 Oktober, pada tanggal 14 setelah saya renang, ternyata keluar darah tetapi cuman sedikit itu pun hanya 2 hari, trs setelah saya selesai kegiatan di sekolah camping saya haid lagi tanggal 23 kenapa ya dok? Saya berumur 17 tahun apakah normal?
Terimakasih dok


Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Siklus haid antara 21-35 hari sekali dengan durasi 2-7 hari setiap siklusnya. Terkadang ada wanita yang bulan kemarin haid tanggal 22 namun berikutnya maju atau mundur.  Hal ini terbilang normal selama jaraknya dengan haid berikutnya itu antara 21-35 hari sekali.  Saat ada periode haid yang di luar rentang tersebut maka ada gangguan siklus haid yang penyebabnya banyak faktor. 

Penyebab haid terganggu :

  • Stres dan cemas. 
  • Mengalami obesitas. 
  • Gangguan di rahim. 
  • Kehamilan dan menyusui. 
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Penyakit yang menganggu hormon. 

Jika jarak haid anda kurang dari 21 hari maka termasuk tidak normal dan terjadi yang namanya gangguan siklus haid.  Hal ini dapat dipengaruhi karena faktor hormon yang tidak stabil karena faktor usia namun juga bisa karena faktor lain seperti yang dijelaskan sebelumnya seperti stres, kegemukan.  

Saat ini anda dapat jaga berat badan ideal, istirahat cukup, hindari begadang, kelola stres dan cemas, banyak air putih, dan berolahraga untuk bantu hormon stabil sehingga siklus haid dapat kembali lancar.  Apabila siklus haid yang tidak lancar ini berulang di 3 bulan kedepan maka ajak orang tua untuk periksa ke dokter kandungan guna memastikan apakah ada masalah pada hormonal atau organ reproduksi yang membuat siklus haid terganggu. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait siklus haid seperti berikut :

  • Haid 3 kali sebulan apakah normal?
  • Haid 3 kali dalam sebulan itu kenapa?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *