Perut mulas hamil 3 bulan setelah makan makanan pedas

Perut mulas hamil 3 bulan setelah makan makanan pedas
Perut mulas hamil 3 bulan setelah makan makanan pedas

Dok, kemarin seharian sya mkan pedas, lalu tengah malam sya BAB, setelah bab perut bagian atas pusar sakit mulas, sakit nya timbul hilang selama semalaman, saya sedang hamil 3 bulan,
Apakah sakit perutnya ada hubungannya ke janin dok? Atau karna saya mkan pedas?


Selamat sore, N

Terima kasih atas peryanyaan Anda

Perut mulas atau sakit perut saat sedang hamil sering kali menyebabkan seseorang merasa cemas. Apakah kondisi ini ada kaitannya dengan kehamilannya atau tidak. Kondisi perut mulas setelah mengonsumsi makanan pedas bisa saja terjadi baik pada ibu hamil ataupun pada orang biasa yang tidak hamil. 

Penyebab perut mulas hamil 3 bulan setelah makan makanan pedas

Makanan pedas bisa memicu rasa tidak nyaman pada perut, selain itu juga memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Sehingga, muncul rasa sakit pada perut bagian atas (ulu hati), mulut terasa asam, mual atau bahkan muntah. Selain itu, makanan pedas juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan lain seperti BAB lembek atau bahkan cair yang terjadi berulang kali (diare). Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, karena keluhan yang terjadi pada Anda ini ada riwayat konsumsi makanan pedas, maka besar kemungkinan penyebab perut mulas ini karena efek dari konsumsi makann pedas. Namun, Anda tetap perlu memantau kondisi kesehatan Anda, jika keluhan ini disertai dengan keluarr bercak darah dari vagina, keputihan berbau tidak sedap, keluar gumpalan darah, dan atau nyeri perut hebat sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Untuk saat ini sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas, tetap konsumsi makanan sehat bergizi untuk ibu hamil, kelola stres dengan baik, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, dan jaga kebersihan area organ intim.

Anda juga bisa membaca beberapa forum kami yang lain terkait makanan pedas dan sakit perut di bawah ini:

Sakit perut setelah makan pedas kenapa ya?

Sakit perut setelah makan pedas apa wajar?

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr. Dwiana A

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *