Luka Akibat Terkena air Panas

Luka Akibat Terkena air Panas
Luka Akibat Terkena air Panas

Dok,4 hari yang lalu sya terkena air panas dari paha sampai punggung telapak kaki,,, awalnya saya hanya minum obat anti nyeri,, setelah itu sya oleskan salap Bioplacenton,dan minum obat cafadroxsil,,,, lukanya tdk kering”,gelembungnya semakin byak, berwarna kemerahan,ada rasa gatalnya,dan suhunya angat”. Apa lagi yang harus saya lakukan agar luka saya cpt sembuh? Apakah luka seperti ini akan membekas?


Selamat pagi YM,

Luka bakar yang disebabkan oleh air panas atau bahan kimia berbahaya tentunya akan menyebabkan luka lepuh pada kulit. Luka lepuh ini akan menyisakan bekas luka di kulit dan semakin parah derajat luka bakarnya maka bekasnya juga akan semakin sulit dihilangkan.

Mengenai kondisi Anda yang sudah menggunakan salep serta antibiotik dan pereda nyeri namun lukanya tidak kunjung kering maka tentunya kondisi lukanya perlu dilihat secara langsung agar bisa ditangani dengan baik. Untuk gelembung yang bertambah banyak kemungkinan disebabkan oleh keluarnya cairan serum yang semakin banyak dan ini hal yang wajar terjadi selama proses penyembuhan. Yang perlu dijaga adalah jangan sampai lukanya mengalami infeksi.

Penanganan yang biasanya akan dilakukan di dokter adalah jika gelembungnya sudah sangat besar maka akan diaspirasi keluar cairannya menggunakan peralatan yang steril, karena jika sampai gelembungnya pecah sendiri maka akan terbuka lebar dan memudahkan terjadi infeksi. Namun jika gelembungnya kecil-kecil maka akan dibiarkan saja agar diserap oleh tubuh sendiri. Namun proses penyembuhan luka bakar memang memakan waktu lama berkisar 7 hari lebih tergantung kondisi lukanya.

Baca juga mengenai luka bakar berikut ini:

  • Luka bakar yang tak kunjung sembuh
  • Bagaimana cara mengobati luka bakar karena air panas?

Salam sehat,

dr. Vina

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *