Bisul pada kemaluan, bagaimana mengatasinya?

Bisul pada kemaluan, bagaimana mengatasinya?
Bisul pada kemaluan, bagaimana mengatasinya?

Dok, wktu itu muncul bisul di perut kanan sy, tp udah sembuh. tbtb muncul lg di kemaluan, skrg udh kering. lalu muncul lg di bokong, sampai keluar nanah/darah terus. 3hr yg lalu sy HB sma suami dalam kondisi sy belum sembuh bisulnya, lalu suami sy juga bisul di kelaminnya dok. sblm nya sy ga pernah berhubungan selain sm suami sy, begitupun sebaliknya. jd apakah bahaya? benar2 bisul/ada penyakit lain? gimana cara pengobatannya, apakah ada saran obat yg bagus dok? terima kasih dok??


Selamat pagi, A

Terimakasih sudah memberikan 

Bisul atau folikulitis merupakan peradangan yang terjadi pada folikel rambut akibat adanya sumbatan atau infeksi bakteri. Biasanya keluhan disertai rasa nyeri, kemerahan, bengkak dan bernanah. 

Terkait pertanyaan Anda, adanya bisul di daerah kemaluan. Kemungkinan ini terjadi akibat Anda menghilangkan rambut kemaluan kemudian dengan alat yang tidak steril atau setelah mencukur rambut kemaluan, area kemaluan lembab dan tidak bersih. Jadi terinfeksi bakteri dan menyebabkan folikulitis. Penyakit ini tidak berbahaya namun dapat mengganggu akibat nyeri saat berjalan atau saat berhubungan. 

Mengatasi folikulitis

Untuk mengatasi folikulitis Anda bisa mengatasi beberapa cara di bawah ini:

  • Kompres hangat di bagian yang terdapat benjolan
  • Hindari mencukur bulu kemaluan selagi adanya bisul
  • Jangan menggunakan celana dalam ketat
  • Oleskan salep dengan antibiotik seperti gentamisin salep di bagian bisul setelah di kompres hangat dan dalam keadaan bersih

Jika keluhan berlanjut, demam, bisul makin besar dan berdarah Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selain itu Anda juga dapat membaca beberapa forum terkait bisul:

  • Obat bisul yang paling ampuh.
  • Bagaimana mengatasi bisul ?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr.Sarah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *