Keluar flek sebelum terlambat haid, apakah flek implantasi?

Keluar flek sebelum terlambat haid, apakah flek implantasi?
Keluar flek sebelum terlambat haid, apakah flek implantasi?

Dok saya mau tanya darah implantasi muncul sebelum haid atau sesudah telat haid? Kmrn saya kluar flek tp blm jadwal haid dan sedikit hanya sehari


Selamat malam, A

Terimakasih sudah memberikan pertanyaan

Keluar darah implantasi memang tidak diamai oleh semua wanita hamil. Namun pada beberapa wanita hamil, saat melekatnya embrio ke dinding rahim akan membuat munculnya flek darah atau flek implantasi. Biasanya hanya sedikit dan tidak menyebabkan munculnya rasa nyeri seperti keluarnya darah saat haid atau flek saat PMS.

Ciri flek implantasi :

  • Terjadi 8-9 hari setelah pembuahan
  • Berwarna merah mudah atau kecoklatan
  • Tidak bergumpal-gumpal
  • Muncul maksimal 3 hari
  • Tidak banyak darah yang keluar

Seperti yang Anda tanyakan keluarnya sebelum atau setelah haid. Flek implantasi biasanya akan terjadi saat sudah terlambat haid, dan saat test pack positif hamil biasanya flek yang keluar pada awal kehamilan ini disebut flek implantasi. Jika saat ini Anda belum ada terlambat haid dan belum memiliki tanda kehamilan atau test pack positif selain karena terjadi nya implantasi kemungkinan penyebab flek bisa karena kelelahan, stress, adanya infeksi, dan flek saat masa subur.

Saat ini coba tunggu 1 minggu setelah flek ini untuk melakukan pengecekan test pack. Lakukan dengan urine pagi hari bangun tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Bila hasil masih negatif ulangi kembali peeriksaan dengan test pack jika adanya terlambat haid saat jadwal haid Anda sudah datang. 

Bila betul positif atau flek darah malah semakin banyak, membuat gatal dan mengganggu segera konsultasikan keluhan ini ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan. 

Selain itu Anda juga dapat membaca beberapa forum terkait flek implantasi:

  • Apakah ciri-ciri dari perdarahan implantasi?
  • Flek darah 1 hari, haid atau tanda implantasi?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr.Sarah

 

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *