Belum haid setelah lepas kb, apakah ada kemungkinan hamil?

Belum haid setelah lepas kb, apakah ada kemungkinan hamil?
Belum haid setelah lepas kb, apakah ada kemungkinan hamil?

Dok saya mau tanya…, kan saya pakai suntik 3 bulan. Pas baru pertama pakai sampai jadwal suntik 3 bulan lagi saya meneruskan untuk pakai lagi tetapi setelah suntik yg ke2 sampai tanggal yg sudah ditentukan untuk kb lgi saya tidak melanjutkannya tetapi saya berhubungan badan dan selama 1 bulan saya belum haid juga. Apakah itu pertanda hamil atau hormon yg belum stabil karena suntik kb 3 bulan?


Selamat sore DG

KB suntik 3 bulan isinya hormon progestin yang ampun dalam mencegah kehamilan dengan masa kerjanya 84 hari. Cara kerja KB ini adalah dengan menghambat pembentukan sel telur sehingga tidak ada sel telur yang dilepaskan saat masa subur.

Karena itu efek kb suntik bisa mengalami gangguan haid selama pemakaian hingga beberapa bulan setelah tidak melanjutkan kb. Kehamilan setelah lepas kb baru bisa diusahakan jika siklus haid sudah kembali secara teratur.

Pada anda kemungkinan masih dalam pengaruh sisa efek Kb dimana tubuh masih melakukan penyesuaian terhadap perubahan hormon, sehingga belum mengalami haid. Namun untuk memastikannya anda bisa melakukan test pack paling cepat 2 minggu setelah berhubungan dan diulang dengan jarak seminggu setelah tes terakhir.

Jika anda sedang ingin merencanakan kehamilan maka bisa mengusahakan haid teratur dengan mengusahakan berat badan ideal, makan bergizi yang seimbang, olahraga teratur, tidur cukup dan mengontrol stres yang baik. Anda dan suami juga bisa berkonsultasi mengenai kesehatan reproduksi dan pemeriksaan untuk program kehamilan ke dokter kandungan.

Anda juga bisa membaca forum serupa terkait tidak haid hamil atau efek lepas KB suntik berikut:

  • Kenapa setelah lepas KB suntik 3 bulan belum haid?
  • Bisakah hamil tanpa haid setelah lepas kb?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Pany

 

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *