Telat haid karena hamil atau sakit maag?

Telat haid karena hamil atau sakit maag?
Telat haid karena hamil atau sakit maag?

Dok saya mau bertanya.
Teman saya hari terakhir haid tgl 13 April, lalu berhubungan intim tgl 7 Mei dan sampai sekarang 31 Mei dia ga haid setelah di tespack hasilnya negatif, kebetulan juga dia lagi sakit magh.
Apakah beresiko hamil ya dok?


Selamat sore EA

Hari pertama haid terakhir (HPHT) teman anda pada tanggal 13 April maka ada kemungkinan masa suburnya di antara tanggal 24 April – 4 Mei. Namun masa subur tergantung dari jarak siklus haid dan terkadang masa subur bisa maju atau mundur beberapa hari.

Teman anda yang melakukan hubungan intim tanggal 7 Mei memiliki kemungkinan kecil terjadinya kehamilan, ditambah lagi dengan hasil test pack negatif maka terlambat haidnya bukan karena hamil. Terlambat haid, dimana jarak siklus haid melebihi 35 hari dari HPHT juga bisa disebabkan karena kelelahan berat, infeksi, kegemukan, hormon tidak seimbang, efek obat hormon, kelainan reproduksi, stres dan sebagainya.

Sakit maag tidak menyebabkan terlambat haid, namun bisa berkaitan dari penyebabnya karena pola hidup tidak sehat atau tubuh gemuk sehingga hormon tidak seimbang. Untuk bisa melancarkan haid, makan secara teratur dan perbanyak buah, sayur dan protein, tidak bergadang, olahraga, minum air putih yang banyak serta hindari stres.

Teman anda boleh konsumsi jamu alami seperti jahe, kunyit, dan sebagainya yang bisa membantu melancarkan haid. Apabila dalam 3 bulan tidak haid maka teman anda perlu ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Anda juga bisa membaca forum serupa terkait haid terlambat, hamil atau ada kaitannya dengan maag berikut:

  • telat mens apakah karena karena asam lambung naik?
  • Gangguan lambung apa mempengaruhi siklus haid?

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Pany

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *