Apakah berhubungan baru suntik KB saat masa subur, bisa hamil?

Apakah berhubungan baru suntik KB saat masa subur, bisa hamil?
Apakah berhubungan baru suntik KB saat masa subur, bisa hamil?

Hallo Doc..
Saya terakhir haid tanggal 10,dan saya berhubungan intim tgl 20 ap itu termasuk masa subur dan bisa kemungkinan besar bisa hamil dok. sudah kb suntik setelah hubungan.


Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Masa subur adalah ketika indung telur sudah melepaskan sel telurnya untuk siap mengalami pembuahan.  Masa subur ini dapat berubah-ubah karena bergantung pada siklus haid dan hormon tubuh.  Rata-rata untuk yang haidnya teratur 28 hari sekali masa subur antara 10-18 hari dari awal haid sebelumnya.  Namun, jika yang memiliki siklus haid yang tidak menentu maka cukup sulit menentukkan kapan masa subur, bisa maju sekali atau mundur sekali. 

Karena itu selama saat aktivitas seksual dilakukan tanpa adanya pengaman atau KB maka tetap berpotensi untuk terjadinya kehamilan.  Lalu bila baru KB suntik setelah hubungan tetap dapat berpotensi kehamilan karena kerja KB juga tidak langsung saat itu juga, butuh 5-7 hari baru bekerja optimal sehingga ketika sudah terjadi pembuahan maka KB juga sudah tidak efektif lagi.  

Anda dapat memastikan adanya kehamilan ini dengan melakukan pemeriksaan kehamilan di dokter spesialis kandungan saat ada telat haid disiklus berikutnya sehingga dapat lebih akurat. 

Anda dapat membaca beberapa forum kami terkait kehamilan seperti berikut :

  • Melakukan hubungan intim di masa subur, bisakah hamil?
  • Berhubungan dulu baru suntik KB, apakah bisa hamil?

Semoga penjelasan ini bermanfaat. 

Salam sehat, 

dr. Farah

Sumber : sehatq.com

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan ke email [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *